Selasa, 21 Maret 2023

Jasa Marga Buka Suara Terkait Viralnya Petugas Tol Mempersulit Petugas Damkar.

Jasa Marga Buka Suara Terkait Viralnya Petugas Tol Mempersulit Petugas Damkar.

    


Jakarta,  rakyatindonesia.com - Jasa Marga buka suara terkait viral petugas Tol Jatiwarna 1 'mempersulit' mobil pemadam kebakaran (Damkar). Jasa Marga meminta maaf atas kejadian tersebut.
"Menanggapi video yang beredar terkait petugas customer service yang diduga menghambat perjalanan Rescue Pemadam Kebakaran yang terjadi di Gerbang Tol Jatiwarna 1, bersama ini Jasa Marga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," ujar Marcomm Dept. Head Jasamarga Metropolitan, Panji Satriya, dalam keterangan persnya, Selasa (21/3/2023).

Panji mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi terkait kejadian tersebut. Sementara petugas yang 'mempersulit' petugas Damkar diberikan sanksi teguran.

"Atas tindakan tersebut, akan dilakukan evaluasi di lapangan dan petugas terkait akan diberikan teguran," imbuh Panji.

Lebih lanjut Panji mengatakan pihaknya telah menyiapkan satu lajur untuk kendaraan darurat untuk dapat dilalui. Kendaraan darurat disiapkan di lajur paling kiri.

"Dalam kondisi darurat atau penanganan kendaraan prioritas, secara prosedur, Jasa Marga menyiapkan satu lajur transaksi untuk dapat dilalui kendaraan petugas. Untuk mengantisipasi berbagai ukuran kendaraan, mayoritas disiapkan lajur paling kiri pada gerbang tol dengan lebar lajur sesuai Standar Geometri Jalan Bebas Hambatan Untuk Jalan Tol oleh Bina Marga No. 007/BM/2009," bebernya.

Secara teknis, petugas akan menonaktifkan Automatic Lane Barrier (ALB) ketika kendaraan darurat melintas. Nantinya petugas tol akan mencatat jumlah dan golongan kendaraan yang melintas.

"Dalam hal kondisi darurat, petugas Customer Service Supervisor (CSS) Jasa Marga akan menonaktifkan Automatic Lane Barrier (ALB) serta mencatat jumlah dan golongan kendaraan yang melintas. Selanjutnya hal ini akan dituangkan dalam Berita Acara dan dilaporkan kepada instansi terkait dengan melampirkan tangkapan CCTV dan data dukung lainnya sebagai kelengkapan administrasi pembayaran tol," bebernya.

"Sekali lagi kami sampaikan permohonan maaf dan berharap kejadian serupa tidak terulang kembali," tambahnya.

Unggahan video dinarasikan petugas di Tol Jatiwarna Bekasi mempersulit mobil pemadam kebakaran (Damkar), viral di media sosial. Dalam video tersebut terlihat petugas Damkar terlibat cekcok dengan petugas jalan tol.

Disebutkan peristiwa tersebut terjadi di Gerbang Tol Jatiwarna, Kota Bekasi, pada Senin (20/3) malam. Petugas Damkar dinarasikan hendak melakukan rescue di Jatisampurna.

Petugas tol tersebut disebut mempersulit karena ketika Damkar hendak melintas diminta untuk izin terlebih dahulu ke petugas tiket.

"Kenapa bapak nggak mau ngebukain, kenapa bapak ngomong harus izin petugas tiket. Kenapa ngomong seperti itu?" tanya petugas Damkar.
"Ya cuma bilang gitu doang Pak," jawab petugas tol.

"Tapi nggak biasanya seperti itu pak, biasanya kalau ada mobil pemadam lewat. Bapak tahu SOP-nya nggak ketika ada mobil pemadam lewat?" cecar petugas Damkar.

"Ya udah sekarang silakan lewat," kata petugas tol tersebut.

"Mempersulit ini. Ini lama, namanya mempersulit ini. Ketika bapak mempersulit kita..." ujar petugas Damkar.

"Bukan mempersulit," kata petugas jalan tol.

(red.Df)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved