Senin, 27 Maret 2023

Marquez Mengulangi Lagi Kesalahan Yang Sama Mengakibatkan Kecelakaan Fatal di MotoGp Portugal 2023.

Marquez Mengulangi Lagi Kesalahan Yang Sama Mengakibatkan Kecelakaan Fatal di MotoGp Portugal 2023.

    


Jakarta,  rakyatindonesia.com - Marc Marquez mengalami kecelakaan fatal di MotoGP Portugal 2023. Marquez kehilangan kendali atas motornya dan menyenggol Jorge Martin (Ducati) dan menyenggol Miguel Oliveira (Aprilia) yang membuat Oliveira tersungkur ke gravel. Ternyata Marquez mengakui pernah mengalami kecelakaan seperti itu, bedanya saat itu tidak ada pebalap lain di sekelilingnya.

Rider Repsol Honda, Marc Marquez, sempat memberikan harapan tinggi kepada penggemarnya kala dia berlaga di seri pembuka MotoGP 2023 di Sirkuit Portugal. Marquez bisa meraih pole position atau start dari posisi pertama. The Baby Alien pun sukses naik podium di seri Sprint Race hari Sabtu. Lanjut pada balapan utama di hari Minggu, Marquez juga kelihatan akan menuntaskan seri itu di podium.

Tapi harapan tinggal harapan, Marquez justru tidak bisa menyelesaikan balapan karena mengalami crash. Petaka itu terjadi di lap ketiga pada tikungan ketiga yang berbentuk huruf 'V' atau tikungan hairpin. Marquez yang kehilangan posisi terdepan, berulang kali melakukan manuver agresif untuk mencari tempat di barisan terdepan. Namun sial, manuver ekstrem yang dilakukan pebalap asal Spanyol di tikungan itu membuatnya sedikit bersenggolan dengan Martin dan menabrak Oliveira.


Marquez dan Oliveira yang bertabrakan secara frontal tidak bisa melanjutkan balapan. Karena selain motor keduanya rusak berat, Marquez dan Oliveira juga langsung digiring ke pusat medis untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Sementara Martin yang lolos dari kecelakaan itu bisa melanjutkan balapan, meski pada akhirnya dia juga alami crash di akhir-akhir lap.

Dikutip dari Crash, Marquez ternyata sempat mengalami kecelakaan serupa pada sesi tes, di mana dia terlambat melakukan pengereman. Namun saat itu dia tidak merugikan orang lain karena tidak ada pebalap lain di sekitar dia. Beda saat race utama berlangsung, di mana ada banyak pebalap di sekitarnya. Marquez pun seolah tidak belajar dari pengalaman.

"Pada lap pertama di belokan itu, saya melebar sendirian karena (motor) saya sedikit terkunci. Itu (sesuatu) yang mungkin juga terjadi di tes, tapi saya berkendara sendirian. Kali ini sial bagi saya, dan terutama Miguel, ketika saya melepaskan rem, motornya masuk ke dalam (dan menabraknya)," aku Marquez.

Atas insiden itu, Marquez pun bakal dijatuhi hukuman long lap penalty ganda pada balapan selanjutnya. Dia pun legawa menerima hukuman dari FIM Stewards dan menyesal telah membalap secara agresif.

"Saya mengerem sangat terlambat. Saya tidak pernah ingin crash dan saya tidak ingin menyelesaikan balapan seperti ini," kata dia.

"Tapi jika Anda melihat ketika saya keluar dari tikungan 1 dan 2, saya jauh dari mereka. Saya bahkan tidak terlalu dekat dan tidak berpikir untuk menyalip. Jadi Anda bisa menjelaskan banyak hal, tapi pada akhirnya, kesalahan sayalah yang menyebabkan jatuhnya pebalap lain. Jadi saya telah dihukum dan saya pantas mendapatkannya," ujar Marquez.(red.Df)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved