Kamis, 16 Maret 2023

Polda Riau Sita Senpi dari Oknum TNI Dalang Perampokan ATM di Pekanbaru

Polda Riau Sita Senpi dari Oknum TNI Dalang Perampokan ATM di Pekanbaru

  




Pekanbaru,  rakyatindonesia.com - Polda Riau akhirnya buka suara terkait keterlibatan dua oknum TNI dalam perampokan ATM di Pekanbaru. Polisi menyebut selain tiga pelaku dan dua oknum TNI, mereka juga menyita sepucuk senjata api.

"Berdasarkan hasil penyelidikan kami berhasil mengungkap pelakunya berjumlah lima orang. Di antaranya kami lakukan penangkapan di Jawa Barat, Purwakarta dan satu pelaku di Pekanbaru," kata Wadir Reskrimum Polda Riau Sunhot P Silalahi, Kamis (16/3/2023).

Selain lima pelaku YP, WS, AW, E dan A polisi juga menyita sejumlah barang bukti seperti mobil dan sepeda motor. Termasuk senjata api yang digunakan dalam aksinya yang terekam CCTV.

"Barang bukti yang sudah kita sita yaitu satu mobil Avanza warna hitam, kemudian sepeda motor Vixion putih. Dari tangan pelaku kami menyita satu senjata api jenis makarov, dengan beberapa butir amunisi dari pelaku," katanya.


Untuk uang hasil perampokan, polisi juga menyita dari para pelaku. Hanya saja untuk nominalnya hanya Rp 300 ribu-3 juta.

"Kemudian uang ada dari berbagai macam, ada Rp 3 juta, Rp 300 ribu. Kami juga menyita palu atau martil yang digunakan pelaku," kata Silalahi.

Atas perbuatannya, tiga pelaku yang tercatat sebagai warga sipil ditangani di Polda Riau. Namun untuk dua prajurit TNI aktif Sertu E dan Serma A ditangani di Pomdam dan telah ditetapkan tersangka.

"Dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan. Ancaman hukumannya 12 tahun penjara," kata Wadir.

Insiden itu terjadi pada Minggu (6/3) sekitar pukul 06.50 WIB di Jalan Tanjung Datuk Pekanbaru. Di mana saat kejadian tiga petugas sedang berada di ATM untuk mengisi uang.

Tak lama, datang tiga pria tidak dikenal ke ATM tersebut. Satu di antaranya berpura-pura hendak mengambil uang di ATM yang sedang diisi.

Seorang petugas pun minta pelaku untuk menunggu karena sedang dalam proses pengisian uang. Tiba-tiba pelaku langsung mengeluarkan senjata api dan menembak petugas, atas nama Kurnia Ilahi (22).(red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved