Jumat, 05 Mei 2023

Antusiasnya Mahasiswa Unud Diajar Prilly Latuconsina

Antusiasnya Mahasiswa Unud Diajar Prilly Latuconsina

 

Denpasar , rakyatindonesia.com -Ni Komang Deepa Shanti Dewi bersemangat mengikuti mata kuliah perencanaan bisnis usaha kreatif. Musababnya, dosen yang mengajar pada Kamis (4/5/2023) itu adalah aktris Prilly Latuconsina.

"Kegiatan yang dilaksanakan hari ini sangat seru," tutur mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud) itu, Kamis (4/5/2023).

Shanti menjelaskan dia dan 39 mahasiswa lainnya banyak membahas bisnis dengan Prilly. "Harapannya ke depannya Prilly bisa lebih banyak sharing lagi," ujarnya.

Prilly merupakan dosen praktisi dalam program Praktisi Mengajar. Sebelum mengajar di Unud, ia sempat mengajar di Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Saya juga berharap generasi selanjutnya memiliki perspektif yang luas, siap menghadapi kenyataan di lapangan kerja, dan bisa lebih baik dari generasi sekarang," kata Prilly menyemangati mahasiswa Unud.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud Ngakan Putu Gede Suardana berterima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atas kepercayaannya dalam melibatkan Unud dalam program Praktisi Mengajar.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Prilly yang telah berbagi ilmu dan pengalamannya pada hari ini. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat positif bagi seluruh peserta," ungkapnya.

Prilly menjelaskan dia sempat berdialog dengan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim. Dari situ aktris tersebut baru mengetahui program Praktisi Mengajar. "Saat itu juga langsung apply (melamar)," ujarnya.

Lamaran itu pun, Prilly melanjutkan, tidak menggunakan orang dalam. "Benar-benar apply pakai CV, ijazah, dan dokumen lainnya ikut semua aturan Praktisi Mengajar," ungkapnya.

Dari sana, Prilly mendapat tawaran mengajar di UGM sebanyak dua kelas. Ia pun mulai ketagihan mengikuti program Praktisi Mengajar. Menurut dia, ia tak hanya mengajar, tapi juga ikut belajar.

"Saya ikut belajar melihat pandangan mahasiswa. Saya juga harus belajar materi yang harus saya bagikan, karena untuk menyusun materi ini pastinya saya berdiskusi dengan dosen pengampunya," tutur Prilly.

Prilly mengaku ingin mengajar di Unud. Alasannya, ia jatuh cinta dengan Bali. Bahkan, ia menjadikan Pulau Dewata sebagai tujuan utamanya.

"Bali memiliki tempat tersendiri di hati saya. Jadi, kenapa nggak saya ngajar di Unud," imbuhnya.

Unud kemudian memberikan respons baik terhadap keinginan Prilly. Ia pun dikenalkan ke rektor dan dosen pengampu dan berlanjut diskusi online untuk menyusun materi pembelajaran.

"Sehingga, terjadi lah hari ini dan saya harap ini bukan pertama atau terakhir. Saya berharap ada kelas lanjutan," ungkap pemilik klub bola Persikota FC itu.

Prilly memberikan nasihat untuk generasi muda yang akan memulai karirnya. Menurut dia, jangan pernah malu untuk berkolaborasi.

"Jangan pernah malu punya teman dan koneksi yang banyak," tuturnya.

Menurut Prilly, banyak generasi milenial yang tidak sabar dan konsisten terhadap apa yang mereka kerjakan. Padahal, saat mengalami kegagalan, hanya perlu evaluasi.

"Saya bisa bilang ayo tingkatkan inovasi dirinya untuk lebih sabar. Istilahnya kalau gagal jangan langsung diganti pekerjaannya atau industrinya," tutur pemain sinetron Ganteng Ganteng Serigala ini.

Prilly juga memberikan kesempatan pada mahasiswa yang ingin bekerja atau internship di tempatnya. Terutama yang tertarik dengan bidang kreatif, karena saat ini bidang kreatif terutama industri film sedang banyak membutuhkan anak-anak muda.

Prilly sedikit menyayangkan anak muda saat ini kebanyakan lulus kuliah yang dicari kerja kantoran. Sedangkan, industri kreatif terkadang dipandang rendah karena angkanya fluktuatif.

Hal itulah yang ingin Prilly tunjukkan jika industri kreatif juga sama menjanjikannya seperti industri lainnya. "Tidak pernah melakukannya bukan berarti tidak bisa sama sekali. Bisa asal mencoba dan ada wadahnya," ujarnya.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved