Rabu, 10 Mei 2023

Di KTT ASEAN, Jokowi Sebut Ekonomi Global Belum Pulih dan Rivalitas Semakin Tajam

Di KTT ASEAN, Jokowi Sebut Ekonomi Global Belum Pulih dan Rivalitas Semakin Tajam

 


JAKARTA, rakyatindonesia.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak negara-negara Asia Tenggara menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan. Hal itu disampaikan Presiden dalam Pembukaan KTT ASEAN KE-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu, (10/5/2023).


“Mari bekerja keras menjadikan ASEAN Matters Epicentrum of Growth,” kata Jokowi dalam Pembukaan KTT ASEAN KE-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu, (10/5/2023).



Jokowi mengatakan bahwa ekonomi global saat ini belum sepenuhnya pulih. Sementara di satu sisi rivalitas semakin tajam dan dinamika dunia makin tidak terprediksi.


“Dan yang menjadi pertanyaan apakah ASEAN akan menjadi penonton, apakah ASEAN hanya akan diam, dan apakah ASEAN mampu menjadi motor perdamaian dan pertumbuhan,” kata Jokowi.


Jokowi yakin ASEAN bisa mengambil peran dan tidak hanya sebagai penonton, asalkan dapat menjaga persatuan.



Menurut Jokowi dengan menjaga persatuan, ASEAN tidak hanya dapat berperan sentral dalam pertumbuhan ekonomi, namun juga bisa menjadi motor penggerak perdamaian.


“Kita punya side kuat sebagai epicentrum of growth yaitu ekonomi yang tumbuh jauh di atas rata-rata dunia, kemudian bonus demografi, dan kestabilan kawasan yang terjaga,” katanya.


“Dan memperkokoh arsitektur kesehatan, pangan, energi, dan stabilitas keuangan,” pungkasnya.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved