Selasa, 22 Agustus 2023

Polisi dan Petugas Gabungan Berhasil Padamkan Karthula di Kawasan TNBTS Ranupani Lumajang

Polisi dan Petugas Gabungan Berhasil Padamkan Karthula di Kawasan TNBTS Ranupani Lumajang

  


LUMAJANG, rakyatindonesia.com –  Kebakaran hutan akibat kondisi cuaca panas terjadi di Lumajang tepatnya di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) wilayah Ranupani, Sabtu (19/8) pekan yang lalu.


Polres Lumajang Polda Jatim melalui personel Polsek Senduro bersama tim gabungan pun turun tangan melakukan pemadaman kebakaran hutan tersebut.


Kapolres Lumajang AKBP Dr. Boy Jeckson melalui Kapolsek Senduro Iptu Loni Roi mengatakan , lokasi yang sudah terbakar dan api sudah padam berada di blog jambangan, blok Blok ungup-ungup, Cemoro kandang, dan  Oro-oro ombo.


“Alhamdulillah, kami bersama Koramil Senduro dan petugas TNBTS dibantu Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Rabupani, Desa Ngadas dan Desa Argosari, berhasil melakukan pemadaman,”kata Iptu Loni Roi di Mapolsek Senduro, Senin (21/8).


Iptu Loni menyebutkan lokasi kebakaran ada di Blok Pusung keling (di atas savana pangkonan cilik).


“Saat itu kami tempatkan pula personel untuk menjaga agar nyala api tidak merambah ke area savana pangkonan cilik karena savana mulai mengering," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardhani mengatakan, saat berita ini ditulis petugas gabungan masih berada di lokasi untuk melakukan pendinginan.


“Petugas masih kami siagakan di lokasi untuk memastikan api telah padam di Oro-Oro Ombo serta melakukan grounddłeck dan pemadaman di lokasi sekitar Jambangan dan Keling,”ujar Septi Eka.


Pihaknya juga mengimbau agar semua pihak untuk berhati-hati dan tidak membuat api di sekitar kawasan TNBTS mengingat saat ini kondisi cuaca sangat kering dampak dari musim kemarau. (red.IY)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved