Selasa, 26 September 2023

Indonesia Sudah Panen Medali, Malaysia Masih Gigit Jari

 Indonesia Sudah Panen Medali, Malaysia Masih Gigit Jari

 


Jakarta, rakyatindonesia.com – Kontingen Malaysia masih belum mendapatkan medali, sementara Indonesia mengoleksi total enam medali setelah Asian Games 2023 di Hangzhou, China, berjalan dua hari setelah pembukaan pada Sabtu (23/9).


Indonesia sukses memanen enam medali dalam dua hari pelaksanaan sampai dengan Senin (25/9). Persebaran enam medali Indonesia itu berupa 1 medali emas, 1 perak, dan dua perunggu.

Satu-satunya medali emas yang diraih Tim Merah Putih disumbangkan cabang menembak melalui M Sejahtera Dwi Putra dari nomor 10m running target men.

Sementara satu medali perak diraih Edgar Xavier Marvelo dari cabang wushu nomor changquan putra pada Minggu (24/9).

Untuk empat medali perunggu, tiga di antaranya diberikan cabang rowing atau dayung (men's double sculls, men's eight, dan lightweight women's double sculls. Sedangkan satu perunggu lain diberikan menembak lewat nomor 10m running target team men.

Malaysia yang disebut serumpun dengan Indonesia masih tanpa medali. Meski demikian Malaysia bukan satu-satunya negara ASEAN yang belum naik podium Asian Games 2023. Laos, Myanmar, dan Timor Leste adalah negara-negara ASEAN yang juga belum meraih medali.

Berdasarkan laporan dari situs resmi, Selasa (26/9) pukul 03:00 WIB, Indonesia sendiri masih jadi negara ASEAN dengan peringkat terbaik di klasemen medali Asian Games 2023 dengan menghuni peringkat kedelapan.

Thailand jadi negara ASEAN dengan peringkat terbaik kedua, di posisi kesembilan, usai mendapatkan 1 emas dan 2 perunggu.

Vietnam di posisi ke-14 (1 perak, 5 perunggu), Brunei Darussalam di peringkat ke-18 (1 perak), Filipina di peringkat ke-20 (2 perunggu), dan Singapura di posisi ke-24 (1 perunggu).

Meski demikian media Malaysia, Bernama, menyebut kontingen Malaysia percaya diri bisa mendapatkan medali pada hari ketiga Asian Games 2023, Selasa (26/9).

Cabang esport disebut setidaknya sudah 'memegang' medali perak dan tinggal melakoni laga final melawan tuan rumah China.

Medali lain juga diharapkan Malaysia datang dari cabang wushu melalui mantan juara Dunia Wushu 2019 Tan Cheong Min yang akan tampil pada nomor nanquan + nandao putri.(red.IY)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved