Kamis, 30 November 2023

Hadiri Jambore OPOP di Pasuruan, Khofifah Ajak Santri Jadi Pengusaha

 Hadiri Jambore OPOP di Pasuruan, Khofifah Ajak Santri Jadi Pengusaha

 

Pasuruan, rakyatindonesia.com –  Kota Pasuruan menjadi tuan rumah Jambore One Pesantren One Product (OPOP) Jawa Timur. Jambore yang digelar di GOR Untung Suropati, Rabu (29/11/2023) malam berlangsung semarak.


Gubernur Khofifah Indar Parawansa hadir di arena jambore. Jambore berlangsung meriah dengan berbagai pertunjukan kesenian. Para santri juga antusias mengikuti acara hingga tuntas.

Puluhan stand UMKM dari pengusaha santri ambil bagian dalam jambore. Stand berjejer ke arah pintu masuk GOR, menyajikan produk, snack hingga produk alas kaki. Warga banyak membeli produk-produk dari pesantren tersebut.

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyampaikan OPOP merupakan salah satu program ikonik Gubernur Khofifah. Program ini merupakan satu-satunya di Indonesia.

"Syukur malam ini Ibu Gubernur bersama kita sekaligus terima kasih Kota Pasuruan menjadi tuan rumah Jambore OPOP tahun 2023. Program OPOP menurut saya istimewa dan jempol dua untuk Ibu Gubernur. Kita berharap jambore ini akan mempunyai dampak bagi pesantren, santri dan alumni khususnya Kota Pasuruan yang dipamerkan produknya," kata Gus Ipul.

Sementara Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa OPOP mengajak para santri untuk menjadi pengusaha sukses. Sehingga bisa menjadi penguat dalam berdakwah di masyarakat.

"Santri yang hadir saat ini akan menjadi penguat bagaimana sesungguhnya bisa berdakwah dengan masyarakat," ujarnya.

Khofifah kemudian memanggil dua santri putra dan dua santri putri untuk diberikan kuis berhadiah laptop. Dalam kesempatan ini, juga dilakukan penyerahan hadiah bagi pemenang OPOP dan santunan JKM bagi masyarakat yang kurang mampu.

Khofifah mengaku bahagia berada di tengah-tengah santri dalam jambore OPOP. "Semoga terus sukses dan bisa mengakses pasar di semua belahan dunia," pungkasnya.

Sebelumnya, Gus Ipul telah mengukuhkan Tim Penguatan dan Pengembangan Program OPOP Kota Pasuruan periode 2023 -2026 berlokasi Pendopo Surga Surgi, lingkungan Rumah Dinas Walikota Kota Pasuruan. Ia berharap tim secepatnya menyusun program kerja 2024. (red.IY)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved