Kamis, 23 November 2023

Mensos Risma Fasilitasi 400 Pasien Operasi Katarak Gratis di RSUD Kanjuruhan

Mensos Risma Fasilitasi 400 Pasien Operasi Katarak Gratis di RSUD Kanjuruhan

  


Malang, rakyatindonesia.com – Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini meninjau langsung proses bakti sosial operasi katarak gratis di RSUD Kanjuruhan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Kamis (23/11/2023).

Operasi Katarak Gratis ini, diinisiasi oleh Kemensos bekerja sama dengan Dinkes Kabupaten Malang dan Pundi Amal SCTV serta Peduli Kasih Indosiar. Sebanyak 157 penderita katarak dari golongan masyarakat tidak mampu, dilakukan operasi gratis hingga perawatan setelahnya.

“Kenapa kami pilih Jawa Timur (Jatim), karena kebutaan tertinggi berada di Jatim dan Palembang,” kata Risma.

Risma yang mantan Walikota Surabaya itu, menjelaskan, biasanya, setelah luar Jawa, bantuan katarak ini dilakukan di Pulau Jawa. Namun mengingat data tertinggi adalah Jawa Timur, maka dirinya akan menyisir wilayah tersebut hingga tuntas.

Lokasi yang akan ia sisir adalah daerah Pantai. Sebab, Risma menyebut mereka adalah pekerja berat. Maka, jangan sampai mereka menjadi buta. “Daerah pantai yang paling banyak. Seperti nelayan, karena pekerja berat. Maka jangan sampai mereka menjadi buta,” ujarnya.

Terpisah, Plt Direktur RSUD Kanjuruhan Bobi Prabowo menyebut, kali ini yang akan dilakukan operasi katarak sebanyak 157. Total semuanya yang akan dilakukan operasi sekitar 400 penderita. “Namun kita operasi separuh dulu. Secara bertahap. Nanti akan di sisir semua sampai tuntas sesuai permintaan ibu mentri,” tegas Bobi.

“Proses penyeleksian dari Puskesmas, dan dilaporkan ke Dinkes lalu ketemu angka 400san yang akan dilakukan operasi. Mereka warga kurang mampu, tidak mendapatkan bantuan BPJS,” katanya.

Rata-rata operasi, Bobi menyebut membutuhkan waktu 10-15 menit. Hal itu lantaran didukung dengan peralatan operasi yang canggih. Sehingga proses operasi menjadi cepat. “Kalau biaya sendiri, satu operasi mata itu, sekitar Rp10 juta. Mahal memang. Tapi hari ini gratis,” pungkasnya.(red.IY)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved