Minggu, 03 Desember 2023

Sempat Transit di Kualanamu Usai dari Dubai, Jokowi Bareng Iriana ke Jakarta

 Sempat Transit di Kualanamu Usai dari Dubai, Jokowi Bareng Iriana ke Jakarta

 

Jakarta, rakyatindonesia.com – Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat transit di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu (3/12) sekira pukul 06.30 WIB. Sebelumnya Jokowi baru saja melakukan kunjungan kerja dari Dubai, Persatuan Emirat Arab (PEA) dan hendak kembali menuju Jakarta.


Pesawat Kepresidenan transit sekitar 1,5 jam untuk melakukan pengisian bahan bakar di Bandara Kualanamu. Setelah itu, Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Jakarta bersama Ibu Iriana yang lebih dahulu berada di Kabupaten Deli Serdang.

Berdasarkan keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi beserta rombongan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma pada Minggu, (3/12/2023),sekitar pukul 10.15 WIB. Pesawat mendarat usai menempuh penerbangan kurang lebih 10 jam dari Dubai.

Tampak menyambut Jokowi di bawah tangga pesawat yakni Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto, dan Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Destianto Nugroho Utomo.

Untuk diketahui, Jokowi beserta rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Al Maktoum, Dubai, PEA, pada Sabtu, 2 Desember 2023, sekira pukul 21.00 waktu setempat (WS). Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan dari Dubai yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Dalam rangkaian kegiatan World Climate Action Summit (WCAS) COP28, Jokowi menyampaikan upaya Indonesia untuk mencapai target net carbon sink atau penyerapan karbon bersih sektor kehutanan dan lahan di tahun 2030 melalui langkah yang sistematis dan inovatif, salah satunya adalah dengan menerapkan moratorium permanen pembukaan hutan mencakup sekitar 66 juta hektare hutan primer dan lahan gambut sejak tahun 2019.

"Kami juga telah merehabilitasi 3 juta hektare lahan terdegradasi dan 3 juta Ha lahan gambut. Sekarang hasilnya mulai terasa, tingkat deforestasi Indonesia berkurang 75 persen, terendah dalam 20 tahun terakhir. Tahun depan, kami targetkan rehabilitasi 600 ribu hektare lahan mangrove," ujar Jokowi dalam Presidency Session on Protecting Nature for Climate, Lives, and Livelihoods dalam World Climate Action Summit (WCAS) COP28, di Al Waha Theatre, Expo City Dubai, Dubai, PEA, pada 2 Desember 2023.

Di samping itu, Jokowi juga mengajak para pemimpin negara untuk terus berkolaborasi dan menginisiasi kerja sama kehutanan. Presiden menegaskan bahwa Indonesia terbuka untuk berbagi pengalaman dalam pengelolaan hutan dan lahan.

"Indonesia telah inisiasi kerja sama trilateral kehutanan, Indonesia, Brasil, dan Republik Demokratik Kongo. Dan kami juga siap untuk berbagi pengalaman dan knowledge dalam pengelolaan hutan dan lahan," tandasnya. (red.IY)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved