Minggu, 21 Januari 2024

Debat Cawapres Malam Ini, Bagaimana Persiapan Cak Imin, Gibran, Mahfud?

 Debat Cawapres Malam Ini, Bagaimana Persiapan Cak Imin, Gibran, Mahfud?

 

Jakarta, rakyatindonesia.com - Debat keempat pilpres atau debat kedua bagi kandidat cawapres akan digelar nanti malam. Ketiga cawapres itu ialah cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin), nomor urut 2 Gibran Rakabuming, dan nomor urut 3 Mahfud Md.


Adapun debat kali ini akan digelar besok di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). Tema debat tersebut yakni Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Lantas, bagaimana persiapan masing-masing cawapres?

- Cak Imin


Pasangan dari capres Anies Baswedan ini terlihat melakukan persiapan menjelang debat cawapres. Dalam sebuah video yang diunggah sang anak, Rahma Arifa, Cak Imin tampak sedang berjibaku dengan gawainya di sebuah meja makan.

Minggu (21/1/2024), Cak Imin sedang duduk di hadapan gawainya di sebuah meja makan. Dia mengenakan kaus oblong bertuliskan 'Pesantren Lirboyo'.

Cak Imin tampak serius mengamati gawainya. Dalam video itu terlihat 'question box' seorang warganet yang menyarankan Cak Imin melakukan training dahulu sebelum debat.

Di samping itu, Asisten Coach Timnas AMIN Jazilul Fawaid mengatakan Cak Imin telah mempelajari tema-tema debat. Cak Imin disebut turut berdialog dengan para pakar.

"Insya Allah sudah siap," kata Jazilul, saat dihubungi, Minggu (21/1).

Waketum PKB ini mengatakan Cak Imin tidak hanya mendalami tema debat bersama Timnas, namun juga bersama sejumlah pakar dalam berbagai bidang.

"Tema debat sudah dipelajari dan didalami bersama sejumlah pakar dan timnas sesuai bidangnya," tuturnya.

- Gibran


Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, meminta doa menjelang debat kedua cawapres. Gibran meminta doa supaya debat cawapres yang akan diselenggarakan Minggu (21/1) besok lancar.

"Ya doakan lancar ya," kata Gibran, Jumat (19/1).

Debat calon wakil presiden (Cawapres) akan kembali digelar hari ini. Direktur Jubir TKN Viva Yoga Mauladi mengatakan materi debat cawapres ini merupakan hal yang telah biasa dikerjakan Gibran.

"Mas Gibran sudah siap lahir batin dalam debat besok. Sebagai kepala daerah, beberapa materi debat saat ini juga menjadi pekerjaan yang mesti diselesaikan di Solo," kata Viva, saat dihubungi, Minggu (21/1).

Viva mengatakan tak ada persiapan khusus yang dilakukan Wali Kota Solo itu. Menurutnya, Gibran dan tim TKN melakukan diskusi kecil dengan Gibran terkait materi debat.

- Mahfud Md


Menko Polhukam ini juga melakukan persiapan sebelum tampil di debat. Capresnya, Ganjar Pranowo, sempat mengunggah foto Mahfud yang tengah serius dengan gawainya.

"Ayo yang mau kasih masukan ke El Professor @mohmahfudmd buat debat besok. Temanya tentang energi, sumber daya alam, sumber daya manusia, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat. El Professor siap mencatat," tulis Ganjar di akun X resminya.

Direktur muda Kampanye Kreatif TPN Ganjar Mahfud, Ratu Dewi Nabila, menyebut persiapan Mahfud untuk debat sudah matang.
"Persiapan sudah matang," ujar Ratu, dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (19/1).

Ia mengatakan Mahfud telah memiliki banyak pemahaman terkait pangan dan tema lainnya.

"Pak Mahfud sudah dapat pemahaman lingkungan, pangan desa dan tema yang jadi fokus debat nantinya," tututrnya.

Terkait masalah keberlangsungan lingkungan hidup, Ratu sendiri menilai persoalan pemberantasan korupsi yang menjadi utamanya. Sebab, menurutnya keberlangsungan lingkungan hidup di Indonesia dipengaruhi oleh pemerintahan pusat yang berani melawan tindak pidana korupsi.

"Yang perlu diberantas adalah efisiensi anggaran dan memberantas Korupsi. Good government adalah kunci dari keberhasilan keberlangsungan lingkungan hidup," ujar Ratu yang juga disampaikan dalam diskusi publik 'Menakar Langkah Ganjar Mahfud dalam Misi Pembangunan Berkelanjutan dan Lingkungan Hidup'. (red.w)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved