Rabu, 03 Januari 2024

Kagetnya TKN Prabowo Usai TPN Ganjar Minta Bansos Ditunda

 Kagetnya TKN Prabowo Usai TPN Ganjar Minta Bansos Ditunda

 


Jakarta, rakyatindonesia.com-Untuk menghindari penyalahgunaan penyaluran bantuan sosial atau bansos jelang Pilpres 2024, TPN Ganjar Pranowo-Mahfud Md mengusulkan penyaluran bansos ditunda. Usulan TPN Ganjar-Mahfud itu membuat TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka terkaget-kaget.

TPN Ganjar-Mahfud meminta pemerintah untuk menunda penyaluran bansos sampai kontestasi Pemilu 2024 selesai. TPN Ganjar-Mahfud menilai hal itu harus dilakukan untuk menghindari kecurigaan menguntungkan pasangan capres dan cawapres tertentu.

"Pejabat pemerintah sangat rentan dicurigai bagi-bagi bansos dan itu menguntungkan paslon tertentu. Mudah-mudahan saya salah. Tapi persepsi publik seperti itu. Sebaiknya pejabat pemerintah menunda pembagian bansos sampai selesai pilpres, agar tidak menimbulkan kecurigaan dan prasangka," kata Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Todung Mulya Lubis, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (29/12/2023).

Todung meminta pemerintah untuk mempertimbangkan usulan tersebut. Todung menyebut pembagian bansos saat kontestasi politik rentan dimanfaatkan pihak tertentu untuk meraup suara rakyat.

"Tapi menurut saya dalam konteks pilpres dan pemilu sebaiknya itu tidak dilakukan, sampai pilpres ini selesai. Jangan ada pihak yang mengambil keuntungan dari situasi semacam ini," imbuhnya.

Todung juga menyarankan Bawaslu sebagai pengawas untuk melakukan investigasi jika ada pembagian bansos saat masa pemilu. Jika tetap ada pembagian, kata Todung, harus dipastikan bansos tersebut betul-betul dari pemerintah.

"Jadi saya minta Bawaslu untuk melakukan investigasi misalnya terhadap semua pembagian Bansos, karena pada hakekatnya, Bansos itu adalah program pemerintah," tuturnya.

Todung menyadari sarannya terkait penundaan pembagian bansos tersebut akan menuai pro dan kontra karena menyangkut kebutuhan rakyat Indonesia. Namun, dia menegaskan hal tersebut perlu dilakukan untuk memastikan pemilu berjalan adil dan lancar.

"Saya tadi mengatakan bahwa apa yang saya katakan itu, mengenai penundaan bansos itu tidak populer, pasti banyak yang tidak suka pasti saya akan dikritik, mungkin saya akan dibully setelah ini. Silahkan saja, tapi saya bicara dalam tatanan public policy, kebijakan publik," kata dia.

"Jadi menurut saya hal-hal semacam ini potensi pelanggarannya sangat banyak karena itu dalam public policy itu diminta untuk ditunda sampai proses Pemilu selesai," pungkasnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo kembali mendapat keluhan terkait penyaluran bansos. Ganjar memastikan jika menjadi presiden 2024, dirinya akan menertibkan proses penyaluran bansos agar penerimanya tepat sasaran.

Hal itu disampaikan Ganjar saat menghadiri Bazaar Minyak Murah di GOR Satria, Semarang, Jawa Tengah, Senin (1/1). Mulanya, seorang warga bernama Sumarlin mengeluh kepada Ganjar karena tidak pernah mendapat bansos.

"Pak Ganjar, kenapa saya tidak pernah dapat bantuan apapun, tetangga saya dapat?" tanya Sumarlin.

Ganjar lantas mengatakan jika keluhan-keluhan seperti itu kerap diterimanya. Sebab itu, Ganjar membuat program KTP Sakti.

Menurutnya, dengan KTP Sakti, penerima bansos dapat tepat sasaran. Ganjar mengatakan dengan KTP Sakti nantinya dapat mengetahui masing-masing kategori tidak mampu.

"Makanya bapak ibu, ini banyak sekali yang protes ke saya, kenapa saya tidak dapat bantuan, tetapi tetangga saya dapat. Mungkin, maaf, bapak ibu dari keluarga tidak mampu," ujar Ganjar.

"Kita tertibkan lagi, cukup dengan KTP, insyaallah dapat bantuan, datanya diperbaiki," sambungnya.

Ganjar mengatakan program KTP Sakti adalah political will untuk mengefektifkan Satu Data Indonesia. Maka, dengan begitu, kata dia, kelak rakyat akan mudah mengakses semua layanan pemerintah, termasuk bansos.

"Banyak masyarakat yang protes soal itu (bansos tak tepat sasaran), makanya mesti ada solusinya," ungkap dia.

"Solusinya merapikan data kemudian menggunakan peralatan yang jauh lebih mudah dan kami tawarkan dengan KTP dan itu cukup untuk bisa membereskan semuanya," imbuhnya.

Sandiaga Minta Bansos Jangan Disetop

Ketua Bappilu PPP Sandiaga Salahuddin Uno angkat bicara agar penyaluran bansos tak dihentikan. Merujuk kunjungannya ke sejumlah wilayah, Sandiaga Uno melihat bansos sangat dibutuhkan masyarakat.

"Jadi saya cenderung bahwa bansos ini sangat dibutuhkan sekarang, jangan disetop, kasihan masyarakat," kata Sandiaga Uno dalam keterangannya, Selasa (2/1).

Sandiaga Uno meyakini siapapun yang terpilih menjadi presiden 2024 mendatang akan melanjutkan penyaluran bansos. Terlebih pasangan Ganjar-Mahfud, keduanya akan bukan hanya akan melanjutkan, tapi menambahkan, meningkatkan dan menyamaratakan.

Oleh karena itu, dirinya berharap penyaluran bansos tidak ditunda karena bersamaan dengan kontestasi Pilpres 2024. Hanya saja, penyaluran bansos harus dikomunikasikan secara terang kepada masyarakat.

"Jadi bansos ini sangat diterima dan sangat populer di masyarakat, janganlah kita semakin membebani masyarakat, tapi kita berikan bansos ini dengan sebuah komunikasi yang sangat jelas kepada masyarakat bawah ini adalah bagian daripada pemerintah untuk meringankan beban hidup dari masyarakat," ungkap Sandiaga Uno.

"Itu posisi PPP dan PPP sudah memberikan, saya sebagai Ketua Tim Pakar dan juga Anggota Koalisi Ganjar-Mahfud sudah menyampaikan pesan ini kepada TPN dan agar kita tetap hadir membantu masyarakat di saat-saat ekonomi masyarakat sekarang perlu bantuan dari berbagai pihak," jelasnya.(red.w)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved