Minggu, 21 Januari 2024

Korban Keracunan Gas Caustic Soda di Karawang Capai 123 Orang

 Korban Keracunan Gas Caustic Soda di Karawang Capai 123 Orang

 

Jakarta, rakyatindonesia.com - Ratusan warga Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, jadi korban keracunan akibat kebocoran caustic soda PT Pindo Deli. Tercatat, ada 123 warga yang menjadi korban keracunan ini.


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang Mahpudin mencatat, ada 123 warga yang dievakuasi dan menjalani perawatan di beberapa rumah sakit akibat menghirup gas caustic soda.

"Hasil data terakhir 123 warga, termasuk di antaranya para pekerja proyek yang tengah lembur di sekitar pabrik mengalami keracunan gas caustic soda," ujar Mahpudin, Minggu (21/1/2024).

Dari 123 korban, Mahpudin merinci, 3 orang dievakuasi ke Puskesmas Ciampel, 43 orang dievakuasi ke RS Rosela, 9 orang di RS Mustika, 21 orang di RS Bayukarta, 24 orang di RS Mandaya, 18 orang dirawat di Puskesmas pembantu desa, 2 orang di klinik Zahra, 1 orang di RS Delima Asih, dan 2 orang di RS Primaya.

Kendati demikian, dijelaskan Mahpudin, lebih dari sebagian warga sudah kembali pulang setelah dipastikan wilayah pemukimannya steril dari cemaran udara akibat kebocoran caustic soda.

"Sejak dini hari, lebih dari sebagian orang sudah pulang, tapi datanya belum update. Mereka yang mengalami keluhan ringan sudah sembuh dan dipulangkan, tapi kita sudah pastikan bahwa pemukimannya sudah aman dan steril dari cemaran udara kebocoran gas caustic soda," kata dia. (red.w)


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved