Kamis, 04 Januari 2024

Warga: Mobil yang Disetop dan Ditemploki Petugas Dishub DKI Tak Parkir Liar

 Warga: Mobil yang Disetop dan Ditemploki Petugas Dishub DKI Tak Parkir Liar

 


Jakarta, rakyatindonesia.com - Seorang petugas Dishub DKI menemplok di kap pada mobil yang melaju kencang di Jakarta Selatan (Jaksel). Peristiwa itu bermula saat sejumlah petugas Dishub DKI memberhentikan mobil yang melintas.


Seorang warga, Andri (40), mengatakan awalnya petugas Dishub sedang patroli penindakan parkir liar. Namun, dia mengatakan pengemudi mobil yang terlibat cekcok dengan Dishub tidak dalam posisi parkir liar.


"Mobil itu bukan lagi parkir liar. Dia lagi lewat terus videoin. Jadi anggota dishubnya yang nanya 'ngapain?'," kata Adri saat ditemui di lokasi, Jl Denpasar, Setiabudi, Jakpus (4/1/2024).


Peristiwa itu terjadi pada Rabu (3/1) kemarin sore. Andri kaget saat melihat insiden itu.

"Ya sempet kaget bingung juga ngapain gitu kan. Banyak juga saksi mata pada teriak-teriak karena mobil itu kan melintir-lintir. Zig-zag jalaninnya," kata dia.


Dia mengatakan pengemudi mobil itu diberhentikan karena merekam video. Andri melihat peristiwa itu saat beristirahat di lokasi tersebut.


"Iya emang di sini biasa ngamanin yang parkir liar. Tiap siang pasti ada dishub di sini. Cuma ini yang pertama kalinya kejadian kaya gini," ucapnya.


Saksi lain, Bram (52), mengatakan pengemudi mobil itu beberapa kali melintas di lokasi. Petugas Dishub pun menyetop mobil itu.


"Jadi yang pengendara mobilnya tuh emang bukan yang parkir. Dia cuma ngelewat tapi sambil ngevideoin, sambil jalan muter-muter sampai 2 balikan. Bulak-balik cuma buat videoin. Terus disetopin tuh diteriakin sama dishub 'oi ngapain'," kata Bram.


Dia mengatakan saat itu, ada sekitar 5 orang petugas Dishub DKI yang sedang bertugas di lokasi. Dia mengatakan ada petugas sempat ingin mengempiskan ban mobil tersebut.


"Iya mau ngempesin itu. Terus drivernya panik jadi ngegas gitu. Kebetulan pas di depan kapnya ada dishub. Loncat kan tuh terus di kap mobil dishubnya. Yang ngendarain zig-zag banget ngendarainnya," ujarnya.


Penjelasan Dishub
Kadishub DKI Syafrin Liputo mengatakan peristiwa itu bermula saat petugas Dishub DKI melakukan monitoring dan pengawasan parkir liar di wilayah Kecamatan Setiabudi, Jaksel pada Rabu (3/1) kemarin.


Kemudian ada pengemudi mobil yang mengacungkan jari tengah ke petugas Dishub DKI di lokasi tersebut dan mengemudi sambil merekam video menggunakan handphone (HP).


"Pada saat penggebahan di Jalan Denpasar Raya salah satu pengendara mobil Avanza berwarna merah nomor kendaraan A-1679-YG merekam dan mengacungkan jari tengah ke semua petugas," kata Syafrin.



Pemobil tersebut juga berkali-kali melintas di lokasi. Dalam video beredar, tampak sejumlah petugas Dishub menghampiri mobil tersebut dan meminta pengemudi keluar.
Sempat terjadi cekcok mulut antara pemobil tersebut dengan sejumlah anggota Dishub yang ada di lokasi. Petugas Dishub meminta pengemudi mobil keluar.

"Buka pintunya, buka pintunya," kata petugas Dishub sambil mengetuk kaca.



Pengemudi itu lalu bertanya tujuan dirinya diminta keluar mobil. Namun, petugas Dishub tidak memberi penjelasan dan tetap meminta pemobil keluar.

"Kenapa, Pak?" tanya pemobil.

Kemudian pengemudi diminta menepikan mobilnya. Saat itu, terlihat ada sekitar 3 petugas Dishub yang mengelilingi mobil tersebut.


Pengemudi tancap gas ketika ada petugas yang mengatakan akan mengempiskan mobilnya. Selain itu, petugas juga makin agresif dengan memukul spion mobil.


Tak lama kemudian pemobil tersebut malah tancap gas dan menabrak salah satu petugas Dishub. Petugas Dishub yang spontan melompat itu lalu terbawa mobil dan nemplok di bagian kap. Selama mobil terus melaju, dia berpegangan pada wiper dan kap mobil.


"Tetapi pengendara tidak kooperatif dan memilih tancap gas dan hampir menabrak petugas, salah satu petugas sedang berusaha menghindari terjangan mobil tersebut malah terbawa di kap mesinnya sampai terbawa ke daerah Menteng," ujarnya.(red.w)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved