Minggu, 11 Februari 2024

2 Pendaki Gunung Klotok Tersesat, Ada yang Tak Sadarkan Diri Saat Dievakuasi

 2 Pendaki Gunung Klotok Tersesat, Ada yang Tak Sadarkan Diri Saat Dievakuasi

 


Kediri, rakyatindonesia.com - Siswa SMK bernama Riski Priyanto (18) asal Desa Rembangkepuh, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri tersesat saat mendaki Gunung Klotok, Kota Kediri. Ia yang mengalami sesak napas dan dehidrasi dievakuasi tim Wana Rescue pada Minggu (11/2/2024) dini hari.


Ketua Wana Rescue Joko Suprayitno mengatakan, siswa tersebut diketahui merupakan pelajar SMK di Kecamatan Ngadiluwih. Riski tidak mendaki sendirian, ia bersama seorang temannya.



"Riski mendaki bersama satu temannya yakni Jibran. Mereka mulai pendakian di Gunung Klotok pada pukul 16.00 WIB," jelas pria yang kerap disapa Aji tersebut, Minggu pagi.

Menurut Aji, keduanya tersesat di arah puncak Watu Bengkah sejauh 500 meter di kawasan tebing. Saat evakuasi, kondisi Riski tidak sadarkan diri.

"Kami menerima laporan pada pukul 19.00 WIB di IG @Wana Rescue. Kemudian tim menuju lokasi sesuai titik koordinat yang diterima," terangnya.

Tim penyelamat membutuhkan waktu empat jam untuk menemukan Riski dan temannya. Pasalnya, kondisi medan di jalur puncak Watu Bengkah terjal dan licin.

"Di atas kami membagi tiga regu. Setelah pencarian selama empat jam, pada pukul 4 pagi, akhirnya mereka dapat dievakuasi," jelas Aji.

Evakuasi dilakukan tim Wana Rescue dengan cara bergantian menandu korban hingga bawah. Siswa SMK tersebut kemudian mendapatkan pertolongan pertama di mobil ambulans.

"Setelah turun, pendaki tersebut mendapatkan pertolongan pertama di dalam mobil ambulans. Kemudian kedua pendaki kami antarkan pulang ke rumah masing-masing. Kami antar dan sampai sekitar pukul 04.30 WIB, dalam kondisi yang sudah cukup baik," terangnya.

Aji pun berpesan kepada siapapun yang hendak melakukan pendakian harus benar-benar mempersiapkan diri. Tujuannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersesat maupun sakit. (red.w)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved