Selasa, 26 Maret 2024

Cerita Saat Persebaya Pesta Gol Setengah Lusin Atas Arema

 Cerita Saat Persebaya Pesta Gol Setengah Lusin Atas Arema

 


Surabaya, rakyatindonesia.com - Duel Arema FC vs Persebaya akan tersaji pada pekan 30 di lanjutan Liga 1 2023/2024. Laga yang akan digelar Rabu (27/3) ini selalu dinanti banyak orang karena histori dan rivalitas kedua tim.


Berbicara mengenai histori catatan pertemuan kedua tim, Persebaya tercatat pernah menang besar atas Arema. Laga itu terjadi pada 26 Maret 1997. Saat itu Persebaya mampu menggasak Arema dengan skor 6-1.


Skor tersebut kemudian menjadi kemenangan terbesar Bajul Ijo atas Singo Edan dalam sejarah Liga Indonesia.

Momen menang besar itu sendiri terjadi saat Arema bertandang ke markas Persebaya dalam lanjutan fase grup zona Barat. Pada musim itu, kompetisi Liga Indonesia menggunakan sistem grup yang terbagi dalam tiga zona, yakni Barat, Timur, dan Tengah.

Persebaya yang dihuni banyak pemain bintang kala itu sukses menggilas Arema dengan skor telak 6-1 di Stadion Gelora 10 November Tambaksari, Surabaya. Gol-gol Persebaya dicetak Redy (bunuh diri), Jacksen F Tiago, Jatmiko (brace), Rienald Pieters, dan Abdul Kirom.

Skor telak itu menjadi rekor kemenangan terbesar sepanjang sejarah Persebaya atas rivalnya tersebut. Musim itu juga menjadi momen yang bersejarah bagi pendukung Persebaya. Sebab, Bajul Ijo keluar sebagai juara Liga Indonesia 1996/1997 usai menaklukkan Bandung Raya dengan skor 3-1 di partai puncak.

Itu merupakan gelar Liga Indonesia pertama bagi Persebaya. Sekaligus mengakhiri dahaga juara selama sembilan tahun sejak terakhir juara Perserikatan 1987/1988.

Besok malam, Rabu (27/3/2024), duel bertajuk Derby Jatim antara Arema vs Persebaya akan kembali tersaji. Kali ini laga digelar di tempat netral di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Kedua klub sama-sama membutuhkan kemenangan di pertandingan tersebut. Tambahan tiga poin akan mengantarkan salah satu tim makin menjauh dari zona degradasi.

Seperti diketahui, posisi Arema dan Persebaya belum aman. Persebaya berada di urutan ke-12 dengan koleksi 36 poin, sendangkan Arema hanya satu setrip di atas zona merah dengan raihan 31 poin.

Berbekal sejarah kemenangan di masa lalu, apakah Persebaya bisa kembali mengulang catatan manis tersebut dengan mengalahkan Arema? Jawabannya akan tersaji pada pertandingan besok malam. (red.W)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved