Sabtu, 23 Maret 2024

Pakar Asing Sebut Peran Wapres Prabowo Gibran Akan Seperti Ma'ruf Amin

 Pakar Asing Sebut Peran Wapres Prabowo Gibran Akan Seperti Ma'ruf Amin

 


Jakarta, rakyatindonesia.com -  Pakar politik dan keamanan internasional Universitas Murdoch dari Australia, Ian Wilson, mengatakan Gibran Rakabuming akan sama seperti Ma'ruf Amin sebagai wakil presiden.

Penilaian itu muncul saat Wilson wawancara khusus dengan CNNIndonesia.com pada Kamis (21/3) siang. Dia merespons pertanyaan apakah peran aktif Wapres bisa mengancam Prabowo Subianto.

"Dan kalau untuk Wakil Presiden Gibran di Indonesia apakah mereka berpengaruh? Tidak sama sekali. Itu semuanya tergantung ke presiden," ungkap dia.

Wilson lantas membandingkan Wakil Presiden RI saat ini Ma'ruf Amin yang dianggap tak punya peran dengan Gibran.

Peran pasif wapres, lanjut dia, bisa jadi merupakan bagian kesepakatan politik antara presiden terpilih dengan koalisinya.

"Kemungkinan Gibran bisa bernasib yang agak sama itu," ujar Wilson.

Dia juga memandang peran Gibran sebagai wali kota Solo dan popularitasnya masih belum cukup untuk memberi pengaruh ke publik.

Gibran akan menjadi wakil presiden mendampingi Prabowo usai menang di pemilu kali ini. Mereka akan dilantik pada Oktober mendatang.

Pada Rabu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan Prabowo-Gibran menang di pilpres 2024. Mereka meraih 96.214.691 suara sah atau sekitar 59 persen.

Sementara itu, pasangan lain Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 40.971.906 suara atau sekitar 25 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat 27.040.878 atau 16,5 persen suara sah. (red.R)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved