Kamis, 16 Mei 2024

Akibat Cuaca Buruk, Ribuan Nelayan Di Gresik Terima Bantuan

Akibat Cuaca Buruk, Ribuan Nelayan Di Gresik Terima Bantuan

GRESIK, rakyatindonesia.com - Ribuan nelayan di Gresik menerima bantuan paket sembako dari Pemerintah Kabupaten Gresik. Ribuan nelayan dari tiga kecamatan Manyar, Bungah dan Sidayu itu menerima bantuan sembako lantaran tak melaut gegara cuaca buruk.

Bantuan tersebut bentuk kepedulian pemerintah untuk meringankan beban para nelayan yang sedang tidak melaut karena dampak cuaca buruk. Pemkab Gresik berharap, bantuan tersebut bisa meringankan para nelayan yang tak pernah melaut.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyampaikan, bantuan sembako kepada nelayan bagian dari tugas pemerintah melalui dinas terkait untuk meringankan beban masyarakat. Terutama ketika para nelayan yang tak bisa melaut karena cuaca buruk.

"Masa kerja nelayan sekitar delapan bulan, sisanya itu kondisi cuaca buruk. Makanya kami bersama Bu Min membuat program Bhakti Peduli Nelayan Berdaulat," kata Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Kamis (16/5/2024).

Gus Yani sapaan akrabnya, menyebut Bhakti Peduli Nelayan Berdaulat merupakan program baru yang sudah berjalan tiga tahun. Hal itu terhitung sejak awal kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Aminatun Habibah.

"Pemerintah berusaha membantu meringankan beban nelayan di kabupaten Gresik. Mudah-mudahan sedikit bantuan ini bermanfaat," tuturnya.

Selain bantuan paket sembako, pemerintah juga berkomitmen membantu nelayan. Melalui badan usaha milik daerah (BUMD) yang berusaha mempermudah nelayan mendapatkan BBM bersubsidi.

"Beberapa SPBU khusus nelayan telah dibangun dan sudah beroperasi, seperti di Lumpur Gresik dan Campurejo Panceng.BBM bersubsidi menjadi nafas nelayan," ungkapnya.

Plt Kepala Dinas Perikanan Gresik Johar Gunawan mengatakan bantuan ini wujud dari kepedulian Pemkab Gresik kepada nelayan. Utamanya yang sedang tidak bisa melaut karena cuaca buruk.

"Total ada 1.000 nelayan terdiri dari tiga kecamatan yang mendapatkan bantuan sembako. Kecamatan Manyar sebanyak 218 nelayan, Bungah 582 dan Sidayu 200 nelayan," kata Johar.

Ia berharap bantuan tersebut bisa membantu meringankan nelayan di kawasan Gresik. Apalagi cuaca buruk membuat perekonomian para nelayan menurun karena tak bisa melaut seperti saat tak terjadi cuaca buruk.

"Semoga bantuan ini bermanfaat dan bisa meringankan beban para nelayan. Kami juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program ini," pungkasnya.(red.R)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved