Sabtu, 18 Mei 2024

Super Air Jet Buka Rute Kediri-Balikpapan di Bandara Dhoho Kediri, Ini Jumlah Penerbangannya dalam Seminggu.

Super Air Jet Buka Rute Kediri-Balikpapan di Bandara Dhoho Kediri, Ini Jumlah Penerbangannya dalam Seminggu.


KEDIRI, rakyatindonesia.com - Rute penerbangan di Bandara Dhoho akan segera bertambah. Ini setelah Super Air Jet memastikan akan membuka rute Kediri-Balikpapan mulai 6 Juni nanti. Maskapai di bawah PT Lion Grup itu akan membuka pelayanan tiga kali dalam seminggu.

Pesawat dari Kediri ke Balikpapan dijadwalkan berangkat pukul 14.00 WIB) dan tiba di sana pukul 16.30 WITA. Sedangkan penerbangan dari Balikpapan ke Kediri dijadwalkan pukul 12.45 WITA dan tiba di Kediri pukul 13.15 WIB.

“Penerbangan (Super Air Jet di Kediri ke Balikpapan, Red) ini menandai komitmen kami dalam mendukung pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN) serta mempermudah mobilitas antarkota,” kata Ari.

Dengan hadirnya rute baru itu menurut Ari masyarakat bisa melakukan penerbangan nonstop dari Kediri ke Balikpapan. Kehadiran Super Air Jet ini diharapkan juga bisa mendorong perkembangan ekonomi lokal. Yakni, dengan meningkatnya jumlah wisatawan dan pelaku bisnis.

Terpisah, Legal, Compliance, and Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura 1 Bandara Dhoho Donny A. Novanto juga membenarkan tentang rencana rute penerbangan baru dari Super Air Jet. “Penerbangan dimulai 6 Juni nanti,” ungkap Donny.

Lebih jauh Donny menyebut, Balikpapan yang merupakan gerbang menuju ke IKN memiliki berbagai destinasi menarik. Di antaranya keindahan alam hingga wisata kulinernya. Hal itu pula yang menurut Donny menjadi acuan PT Angkasa Pura 1 untuk membuka rute penerbangan baru.

Bagaimana dengan rute penerbangan lain yang izinnya juga sudah dikantongi Super Air Jet? Donny mengaku belum bisa membeberkannya sekarang karena masih dalam tahap perancangan. “Akan kami update lebih lanjut ya,” janjinya.

Seperti diberitakan, dua maskapai di bawah PT Lion Grup sudah mengantongi izin rute penerbangan di Bandara Dhoho. Untuk Super Air Jet, selain mengantongi izin rute Kediri-Balikpapan, juga memiliki izin untuk penerbangan Kediri-Banjarmasin, Kediri-Makassar, Kediri-Bali, dan Kediri-Palembang. Selanjutnya, Batik Air mendapat persetujuan rute penerbangan Kediri-Jakarta, Kediri-Bali, dan Kediri-Palembang.

Sementara itu, Pemkab Kediri menunjukkan komitmennya untuk mendukung pengembangan Bandara Dhoho.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sukadi mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mempertemukan 14 pemerintah daerah di eks Karesidenan Kediri, eks Karesidenan Madiun, Jombang, dan Bojonegoro. Mereka akan diajak rapat terkait pengajuan penerbangan umrah dan haji dari Kediri.

Dengan dukungan dari belasan pemerintah daerah di wilayah Mataraman itu, menurut Sukadi penerbangan umrah di Bandara Dhoho bisa dibuka tahun ini. Adapun tahun depan sudah bisa mulai membuka penerbangan haji. “Setelah rapat itu kami akan berkirim surat ke Kemenag RI juga Kemenhub untuk mengupayakan penerbangan umrah dan haji,” tandasnya.(red.I)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved