Minggu, 19 Mei 2024

Tanggal 19 Mei 2024 Memperingati Hari Apa? Memperingati Hari Pentakosta

Tanggal 19 Mei 2024 Memperingati Hari Apa? Memperingati Hari Pentakosta



SOLO, rakyatindonesia.com - Setiap harinya ada beragam peringatan di berbagai penjuru dunia. Lalu untuk tanggal 19 Mei 2024 kira-kira memperingati apa, ya?

Menilik kalender Masehi, tanggal 19 Mei 2024 bertepatan dengan hari Minggu dengan weton Minggu Legi dalam kalender Jawa. Sedangkan dalam kalender Hijriah, hari ini bertepatan dengan tanggal 10 Zulkaidah 1445 H.

Bagi detikers yang sedang membutuhkan informasi terkait apa saja hari besar yang diperingati pada tanggal 19 Mei 2024, mari simak uraiannya berikut ini mulai dari Hari Pentakosta hingga Hari Penyakit Radang Usus Sedunia (World IBD Day).

Tanggal 19 Mei 2024 Memperingati Apa?
Hari Pentakosta
Mengutip laman BPK Penabur, Hari Pentakosta adalah hari raya umat Kristiani yang diperingati hari ke-50 setelah Minggu Paskah. Tahun ini, Hari Pentakosta jatuh pada tanggal 19 Mei 2024.

Umat Kristiani merayakan Hari Pentakosta untuk memperingati turunnya Roh Kudus kepada murid-murid Yesus di Yerusalem. Selain itu, Hari Pentakosta juga menjadi hari kelahiran Gereja yang sangat penting bagi kehidupan iman umat Kristiani.

Hari Memanggang Kue Sedunia (World Baking Day)
Dikutip dari laman National Today, World Baking Day atau Hari Memanggang Kue Sedunia diperingati pada hari Minggu ketiga di bulan Mei setiap tahunnya. Untuk tahun 2024, Hari Memanggang Kue Sedunia bertepatan dengan tanggal 19 Mei.

Hari Memanggang Kue Sedunia awalnya diinisiasi oleh Unilever untuk mempromosikan produk margarinnya. Akan tetapi, tujuan hari peringatan ini lalu bergeser menjadi momen mengajak masyarakat untuk memanggang kue, roti atau sejenisnya, dan memberikannya pada orang yang mereka pedulikan.

Hari Cahaya Lilin AIDS Internasional
Sama seperti Hari Memanggang Kue Sedunia, International AIDS Candlelight Memorial atau Hari Cahaya Lilin AIDS Internasional juga diperingati pada hari Minggu ketiga bulan Mei. Tahun ini, hari besar ini jatuh pada tanggal 19 Mei 2024.

Masih mengutip National Today, Hari Cahaya Lilin AIDS Internasional diperingati untuk mengenang orang-orang yang meninggal dunia karena AIDS. Hari ini juga didedikasikan untuk memberi penghormatan pada mereka yang mengabdikan hidupnya untuk membantu para penyintas HIV beserta mereka yang terdampak virus ini.

Tanggal 18 Mei 2024 Memperingati Apa? Ada Hari Museum Sedunia
Hari Korps Cacat Veteran Indonesia
Tanggal 19 Mei di Indonesia diperingati sebagai Hari Korps Cacat Veteran Republik Indonesia. Mengutip laman Pengadilan Agama Tulungagung, peringatan Hari Korps Cacat Veteran Indonesia dibentuk untuk mengapresiasi para pejuang dalam menjaga keutuhan Indonesia.

Lebih lanjut, Hari Korps Cacat Veteran Indonesia secara khusus merupakan bentuk penghargaan pemerintah kepada para veteran yang mengalami cacat akibat mengorbankan jiwa dan raganya demi Indonesia.

World Family Doctor Day
Kembali mengutip National Today, World Family Doctor Day atau Hari Dokter Keluarga Sedunia diperingati pada tanggal 19 Mei setiap tahunnya. Hari ini diinisiasi oleh World Organization of Family Doctors (WONCA) pada tahun 2010.

Hari Dokter Keluarga Sedunia diciptakan untuk mengapresiasi peran penting kedokteran keluarga dan mereka yang terlibat di dalamnya yang telah memberikan pelayanan kesehatan pada pasien dengan baik. Selain itu, hari ini juga dirayakan untuk mengakui kemajuan pengobatan keluarga di seluruh dunia.

Hari Penyakit Radang Usus Sedunia (World IBD Day)
World Inflammatory Bowel Diseases Day (World IBD Day) atau Hari Penyakit Radang Usus Sedunia merupakan hari penting yang diciptakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait penyakit radang usus. Hari ini diperingati pada tanggal 19 Mei setiap tahun.

Hari Penyakit Radang Usus Sedunia pertama kali dicetuskan oleh European Federation of Crohn's and Ulcerative Colitis Associations (EFCCA) pada tahun 2010. Selain untuk meningkatkan kesadaran terkait penyakit radang usus, hari ini juga dirayakan untuk mengkampanyekan kemajuan penelitian dan pengobatan yang tepat terhadap penyakit tersebut.

Dari Hari Pentakosta hingga Hari Penyakit Radang Usus Sedunia, itulah beberapa hari penting yang diperingati pada tanggal 19 Mei 2024. (red.I)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved