Selasa, 09 Juli 2024

Daftar Pemenang Lomba Festival Jaranan Kota Kediri, Kelurahan Pakelan Juara 1

Daftar Pemenang Lomba Festival Jaranan Kota Kediri, Kelurahan Pakelan Juara 1

 


Kediri,  rakyatindonesia.com  – Acara Festival Jaranan yang diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Kediri (Disbudparpora) Kota Kediri mulai dari tanggal 30 Juni hingga 7 Juli 2024 lalu sudah selesai.

Festival yang diikuti oleh 6 peserta kelompok kesenian jaranan dari masing-masing kecamatan di Kota Kediri ini berlangsung meriah.

Mandung Sulaksono, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri sangat mengapresiasi acara ini.

Menurutnya perhelatan semacam ini penting untuk digelar guna menjaga dan melestarikan adat ketimuran yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

“Kesenian jaranan adalah bagian dari budaya asli Indonesia utamanya Kota Kediri yang harus kita jaga dan kita lestarikan. Sebab hal inilah yang membentuk identitas dan jati diri kita sebagai negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai leluhur menjadikan kita bangsa yang berbudaya,” ucapnya, Senin (8/7).

Ia berharap kedepan festival jaranan ini terus terlaksana dan dikemas semakin luar biasa lagi.

“Ini adalah budaya asli kita, kita harus bangga. Kami sangat mengapresiasi kiprah dari rekan-rekan pelaku seni jaranan di Kota Kediri yang terus berdiri tegak melestarikan kebudayaan kebanggaan kita ini,” tambahnya.

Senada, Zachrie Ahmad, Kepala Disbudparpora Kota Kediri, menyebut kegiatan ini bertujuan untuk memunculkan jati diri dan ciri khas kesenian jaranan Kota Kediri.

“Selain sebagai wadah bagi para seniman jaranan di Kota Kediri, melalui kegiatan ini kami juga ingin mengedukasi masyarakat tentang jati diri atau ciri khas dari kesenian jaranan Kota Kediri itu seperti apa,” pungkasnya.

Menurut Ayik, sapaan akrabnya, jika data terakhir menunjukkan, ada sedikitnya 150 kelompok kesenian jaranan yang tersebar di Kota Kediri.

“Kami harap melalui festival jaranan ini, dapat memacu semangat para pelaku seni jaranan di Kota Kediri untuk terus berkiprah dan juga menjaga eksistensi kesenian jaranan sebagai budaya asli Kota Kediri ini tetap lestari,” tutupnya.

– Juara 1 Joko Mbalelo – Kelurahan Pakelan
– Juara 2 Hipoyono Putro – Kelurahan Banaran
– Juara 3 Prasetyo Wijoyo – Kelurahan Banaran
– Harapan 1 Satrio Pandu – Kelurahan Lirboyo
– Harapan 2 Joyo Alfi Saputro – Kelurahan Mojoroto
– Harapan 3 Kisar Duloseto – Kelurahan Banjaran. (Red.AL)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved