Kamis, 19 Agustus 2021

Kampung Literasi Sinjai Telah Resmi di Buka

Kampung Literasi Sinjai Telah Resmi di Buka

Rakyatindonesia.id Kampung Literasi (KL) Sinjai merupakan bantuan pemerintah melalui Direktorat PMPK Kemendikbudristek yang didapat oleh Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Dongeng Sinjai (RDS) sebagai perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan.


Dimana acara pembukaan Kampung Literasi Sinjai dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom, Kamis (19/08/21).


 Dalam sambutan Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Andi Jefrianto Asapa menyampaikan ucapan selamat kepada Rumah Dongeng Sinjai yang telah mendapat program Nasional Kampung Literasi dari Kemendikbudristek. 


"Kegiatan Literasi di Kabupaten Sinjai juga dilaksanakan di Sekolah dengan Gerakan Literasi Sekolah dan gerakan Literasi tidak hanya 6 literasi dasar tetapi ada plus literasi religius yaitu one day one ayat, dimana setiap hari siswa menghafal satu hari satu ayat," ucapnya.


Tambah kata Andi Jefrianto, Selain itu Perpustakaan sekolah dibawah naungan Dinas Pendidikan juga akan dijadikan Taman Baca dan dikelola oleh pegiat/relawan TBM yang ada di desa. Insyaa Allah pada saat pencanangan akan launching dan penandatanganan kesepakatan.


Selain itu, Koordinator Fungsi Pendidikan Keaksaraan dan Budaya Baca dari Kemendikbudristek, DR Cecep menyampaikan bahwa Rumah Dongeng Sinjai gerakannya sudah terlihat dan terdengar sampai ke pusat, ini karena kegiatannya ke masyarakat terus menerus.


Dari kurang lebih 5000-an TBM yang ada di Indonesia, Rumah Dongeng Sinjai mewakili SulSel mendapat Program Kampung Literasi yang mana hanya ada 30 TBM di 30 provinsi yang menerima dan masing-masing TBM mewakili Provinsi. 


"Kami bangga Kampung Literasi Sinjai mendapat dukungan yang luar biasa dari Pemkab Sinjai melalui Dinas Pendidikan. Kedepannya semoga akan muncul di desa, kecamatan bahkan daerah-daerah yang mereplikasi kampung literasi Sinjai ini," ungkapnya.


Sementara itu, Ketua Umum Forum TBM, Kang Opik menyampaikan selama ini melihat dan mendengar kegiatan relawan Rumah Dongeng Sinjai hanya di dunia maya, ini karena belum sempat menginjakkan kaki di Kabupaten Sinjai. 


"Selamat menjadi salah satu dari 30 penerima KL dan semangat untuk semua teman-teman relawan kampung literasi Sinjai dalam bergerak. Yakin saja gerakan yang didasari keikhlasan akan selalu mendapat kado dan hadiah," jelas Kang Opik.


Ketua Rumah Dongeng Sinjai yang juga Ketua Tim KL Sinjai, Mirfayani Mirsal menyampaikan sangat bangga bisa mendapatkan program Kampung Literasi ini, karena ada banyak TBM di Indonesia terkhusus di SulSel dan yang mendapatkan bantuan program ini adalah TBM RDS.


"Ada 10 program yang akan dilaksanakan di Kampung Literasi Sinjai yaitu Riset Budaya dan Sejarah Desa, Pendataan dan Pemetaan Buta Aksara di Dusun Bole, Menulis Kreatif, Motor Literasi Macca, Pelatihan Kewirausahaan dan Mappugau Literasi. Kampung literasi ini akan mengidentifikasi potensi desa dan memberdayakan SDM desa terkhusus pemuda untuk menjadi masyarakat yang mandiri," tutur Mirfayani Mirsal.


Acara pembukaan ini dihadiri oleh DR Cecep Suryana Koordinator Fungsi Pendidikan Keaksaraan dan Budaya Baca, Direktorat PMPK Kemendikbudristek, Ketua Umum Forum TBM Taopik Abdillah, Kepala Dinas Pendidikan dan jajarannya, Pengurus Wilayah Forum TBM Sulawesi Selatan, Pengurus Daerah Forum TBM Sinjai, Pengelola TBM dari Sinjai maupun dari luar Sinjai.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved