Kamis, 24 Februari 2022

Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan RI Memperkenalkan Budaya Betawi ke Siswa Mancanegara

 Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan RI Memperkenalkan Budaya Betawi ke Siswa Mancanegara

Jakarta, rakyatindonesia.id - Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bahasa Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan (Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan) menggelar kegiatan Orientasi Budaya dengan tema “Budaya Betawi” bagi siswa mancanegara dengan mengundang pelaku budaya di Pusdiklat Bahasa, Selasa (22/2).
Orientasi Budaya ini diselenggarakan sebagai salah satu wujud upaya Kemhan melalui Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan memperkenalkan ragam budaya Indonesia kepada peserta Kursus Intensif Bahasa Indonesia TA. 2022.
"Hal ini dimaksudkan agar seluruh siswa mancanegara yang belajar di Indonesia sejak awal sudah diperkenalkan berbagai budaya dan kuliner khas Indonesia", ungkap Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Brigjen TNI Ferry Trisnaputra.
Dengan orientasi budaya ini, diharapkan agar siswa lebih mengenal keberagaman budaya dan kuliner Indonesia, serta dapat menambah pengalaman dan semangat dalam belajar Bahasa Indonesia.
Menurut Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan, bahasa dan budaya merupakan dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan, sehingga mempelajari Bahasa tidak bisa terlepas dari mempelajari budaya.
Penyelenggaraan kegiatan Orientasi budaya kali ini diikuti oleh siswa mancanegara Australia, Arab Saudi, Bangladesh, India, Malaysia, Pakistan, dan Singapura yang sedang mengikuti kursus Bahasa Indonesia di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan sebagai bekal awal sebelum masuk Sesko TNI.
Dalam kegiatan Orientasi Budaya tersebut diperkenalkan tari Nandak Ganjen dan tari Sirih Kuning yang dibawakan oleh penari dari Sanggar Bintang Pelangi. Selain itu, diperkenalkan pula berbagai macam kuliner khas Betawi antara lain: Soto Betawi, kue cincin, dodol, kembang goyang, kerak telor, kue cubit dan minuman bir pletok serta dipaparkan dan diputarkan pula film tentang budaya dan kuliner Betawi.
Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat di tengah pandemi Covid-19 yang belum mereda. (red.af)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved