Minggu, 28 Agustus 2022

Gelar Karnaval, Ada ‘Raja dan Ratu Jenggala’ di Desa Lebo Kecamatan Sidoarjo Untuk Peringati HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Gelar Karnaval, Ada ‘Raja dan Ratu Jenggala’ di Desa Lebo Kecamatan Sidoarjo Untuk Peringati HUT ke-77 Kemerdekaan RI

   


Sidoarjo, rakyatindonesia.com – Parade budaya menghiasi karnaval HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Desa Lebo Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo, Minggu (28/8/2022). Ratusan peserta dari lingkungan 18 RT dan 5 RW, tumpah ruah dan semarak berkeliling pada rute di desa setempat. Setiap kelompok RT dan RW menunjukkan kreatifitasnya.

Mulai berkreasi menampilkan gemerlap adat istiadat, budaya nusantara, serta seni dan agama. Tampak salah satu kelompok peserta berpenampilan ala Kerajaan Jenggala. Kelompok tersebut dari RW. 2 Desa Lebo. 

Dengan baju berbalut kemilau perhiasan laksana Raja dan Ratu Jenggala. “Kami kompak dan sepakat untuk mengangkat tema Kerajaan Jenggala, agar masyarakat yang melihat karnaval ini tidak lupa akan sejarah jika Kerajaan Jenggala dulunya ada di Sidoarjo,” ucap perwakilan RW. 2 H. Sulton yang juga Kabag Linmas Kabupaten Sidoarjo.

Berbagai kelompok peserta dari lingkungan semua RT dan RW, tampil memukau. Warga yang menyaksikan juga  memberikan semangat. Kepala Desa Lebo Mahmudi Riyanto mengatakan kegiatan memperingati HUT RI ini hampir semua masih mempertahankan budaya asli Sidoarjo. 

Masyarakat sangat antusias, guyup, rukun dan kompak pasca dua tahun libur karena pandemi Covid-19. Ia mengingatkan masyarakat bahwa di Indonesia ada yang namanya kebhinekaan. “Alhamdulillan dalam menjaga kerukun terus terjalin, dan masyarakat masih tetap menghargai budaya di Indonesia,” terangnya.

Sementara itu Chirul Hidayat, selaku anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo dari Fraksi PDI-P yang asli penduduk Desa Lebo mengapresiasi yang dilakukan warga desanya bersama Pemdes setempat dalam memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia.

“Saya berharap kegiatan seperti ini setiap tahun harus digelar guna menghormati perjuangan para pahlawan. Berkat pahlawan kemerdekaan berhasil direbut dari tangan penjajah,” terangnya. (red.hr)


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved