Senin, 29 Agustus 2022

Warga Tulungagung Krisis Air Bersih

Warga Tulungagung Krisis Air Bersih

  


Tulungagung, rakyatindonesia.com - Warga 5 kecamatan di Kabupaten Tulungagung rawan kesulitan mendapat air bersih pada musim kemarau tahun ini. Lima kecamatan itu,  Pucanglaban, Kalidawir, Tanggunggunung, Rejotangan dan Besuki.

Mengantisipasi kerawanan air bersih tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung, telah menyiapkan ribuan jurigen untuk dibagikan kepada desa yang mengalami kesulitan air bersih. Pengadaan jurigen untuk memenuhi permintaan yang diajukan desa lewat pemerintah kecamatan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik  BPBD Kabupaten Tulungagung Nadlori Alwi mengatakan, setiap desa yang mengalami kesulitan air bersih mendapat 100 hingga 150 jurigen berkapasitas 25 liter secara gratis. Jurigen ini untuk menampung air dari sumber air yang dialirkan melalui pipa Himpunan Masyarakat Pemakai Air Minum (HIPAM).

Alwi menambahkan, pada musim kemarau debit air HIPAM berkurang dan keruh. Agar bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, air HIPAM harus diendapkan dulu dengan menggunakan jurigen. (hum.hr)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved