Selasa, 04 Oktober 2022

Beberapa Desa di Tulungagung Dilanda Banjir

Beberapa Desa di Tulungagung Dilanda Banjir

  

Tulungagung,rakyatindonesia.com - Sejumlah desa di wilayah Tulungagung Selatan dilanda banjir bandang akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak Minggu (2/10/2022) malam.

"Selain banjir bandang, longsor juga terjadi di beberapa Kecamatan di Tulungagung bagian Barat dan Selatan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung Robinson Nadeak di wiayah setempat, Senin (3/10/2022).

Tidak ada korban jiwa dalam serangkaian kejadian banjir dan longsor yang terjadi sejak tiga hari terakhir tersebut.

Namun banjir akibat luapan aliran sungai di sekitar lokasi bencana menyebabkan beberapa titik akses jalan terendam dan arus lalu lintas terputus.

Banjir juga menyebabkan banyak lahan pertanian terendam dan memaksa petani melakukan panen dini.

"Bencana (longsor) kemarin ada di Pagerwojo, hari ini di Neyama Besuki dan Tanggunggunung. Untuk banjir di wilayah Selatan," kata Robinson.

Wilayah Selatan yang menjadi langganan banjir adalah Besole, Ngentrong, Campurdarat, dan Gamping.

Menurut Robinson, banjir dipicu oleh vegetasi hutan yang sudah mulai berkurang, sehingga tidak mampu menyerap air hujan.

Selain itu, hujan yang turun semalam dirasa cukup deras dan lama.

“Kondisi geografis wilayah bekas rawa, dan drainase juga butuh normalisasi," lanjutnya.

Untuk mencegah banjir berulang, Robinson mengatakan ada rencana jangka pendek dan jangka panjang. Rencana jangka pendek adalah dengan normalisasi saluran air sehingga bisa menampung air hujan.

Sedang rencana jangka panjang dengan melakukan reboisasi pada area hutan yang gundul. "Untuk kerugian saat ini masih hitung," katanya. (red.dl)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved