Senin, 12 Desember 2022

Presiden Jokowi ke Brussel Untuk Hadiri KTT Uni Eropa-ASEAN

Presiden Jokowi ke Brussel Untuk Hadiri KTT Uni Eropa-ASEAN


Jakarta, rakyatindonesia.com - Presiden RI Joko Widodo dikonfirmasi sedang dalam perjalanan menuju Ibu Kota Belgia, Brussel, untuk berpartisipasi dalam konferensi tingkat tinggi Uni Eropa dan ASEAN yang akan diselenggarakan pada Rabu, 14 Desember 2022. Ini merupakan KTT pertama yang dilakukan para pemimpin Uni Eropa dan anggota ASEAN untuk menandai 45 tahun hubungan diplomatik kedua organisasi tersebut.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan mendampingi Presiden Jokowi selama lawatan ke Eropa pekan ini. Mengenai agenda khusus Indonesia di KTT Uni Eropa dan ASEAN ini, Faizasyah mengaku belum mendapat informasi. 

Presiden Dewan Eropa Charles Michel dan Ketua ASEAN 2022 Perdana Menteri Kamboja Hun Sen akan memimpin bersama KTT Uni Eropa dan ASEAN di Brussel. Menurut keterangan Uni Eropa,  KTT ini merupakan kesempatan untuk menegaskan kembali komitmen kedua organisasi.

"(KTT) Ini akan menawarkan forum politik untuk Uni Eropa dan ASEAN dalam menunjukkan komitmen bersama terhadap tatanan internasional berbasis aturan, penghormatan terhadap hukum internasional dan promosi multilateralisme yang efektif," demikian keterangan Uni Eropa.

Uni Eropa dan ASEAN menjadi mitra strategis pada 2020. Di KTT, pemimpin diproyeksikan membahas pencapaian masa lalu dan perencanaan ke depan dalam berbagai bidang kemitraan strategis, termasuk konektivitas, transisi energi, perdagangan, dan transisi digital.

Diskusi di KTT akan mencakup kerja sama di Indo-Pasifik, menyoroti prinsip-prinsip umum dan sinergi antara Strategi Indo-Pasifik UE dan Outlook Indo-Pasifik ASEAN. Kedua blok juga diyakini harus menyampaikan komitmen mematuhi hukum internasional berdasarkan piagam PBB.

Indonesia menerima tongkat estafet presidensi ASEAN dari Kamboja sekitar satu bulan lalu. Saat penyerahan keketuaan di Phnom Penh, Presiden Jokowi mengatakan ASEAN harus menjadi kawasan yang stabil, damai, dan menjadi jangkar stabilitas dunia.

Untuk kepemimpinan 2023, Indonesia mengusung tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth. Presiden Jokowi berharap ASEAN menjadi kawasan yang bermartabat serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi. Dia juga menyinggung ASEAN jangan menjadi proksi pihak manapun. (Red.Sl)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved