Senin, 09 Januari 2023

Chesta, Juara Lato-lato yang Dapat Kambing

Chesta, Juara Lato-lato yang Dapat Kambing

 

Surabaya, rakyatindonesia.com - Lomba lato-lato digelar di Sidoarjo. Lomba permainan tradisional ini diikuti 300 peserta dengan hadiah utama seekor kambing.

Lomba tersebut digelar di Desa Siwalanpanji, Kecamatan Buduran. Peserta lomba datang dari Mojokerto, Surabaya, Jombang dan Sidoarjo. Peserta berusia 6 hingga 16 tahun.

Semua peserta memakai lato-lato dari panitia. Di babak penyisihan, peserta diwajibkan memainkan lato-lato selama 10 menit tanpa berhenti. Bila berhenti dinyatakan gugur.

Di babak penyisihan, ratusan peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 20 peserta. Yang bisa menyelesaikan babak penyisihan harus mengikuti babak kedua.

"Yang mengikuti lomba lato-lato ini sebanyak 300 peserta dari berbagai kota. Semua peserta harus mengikuti aturan dari panitia," kata Ketua Panitia Muhammad Subeki di lokasi lomba, Minggu (8/1/2023).

"Yang berhasil menjadi juara pertama mendapatkan hadiah seekor kambing," imbuhnya.

Subeki juga menjelaskan, di babak semifinal peserta harus memainkan lato-lato sambil duduk, jongkok serta berjalan memutar. Dari 300 peserta, yang masuk final hanya 43 anak.

"Untuk kategori final mereka dituntut memainkan lato sekuat mungkin. Siapa yang paling lama, dialah yang juara," terang Subeki.

Juaranya yakni Chesta Khadafi (10), warga Kecamatan Sedati, Sidoarjo. Chesta menjadi juara setelah main lato-lato selama 2 jam 7 menit tanpa henti di babak final.

Sebagai juara, Chesta berhak membawa pulang hadiah utama seekor kambing. Yang ia rasakan campur aduk. Ia merasa lelah tapi senang bukan main.

"Meski terasa capek benar, saya merasa senang dan bahagia. Kambing saya hadiahkan buat kedua orang tua," kata Chesta usai lomba.

Chesta mengikuti lomba lato-lato setelah berlatih selama satu minggu. Ia tidak menyangka sebelumnya bisa menjuarai lomba tersebut.

"Tidak ada harapan untuk menjadi juara. Saat mengikuti lomba, saya hanya fokus bermain lato-lato," tambah Chesta. (Red.Sl)

Daftar Juara Lomba Lato-lato:

1. Chesta Khadafi (10)
Main lato-lato selama 2 jam 7 menit.

2. Dafa (11)
Main lato-lato selama 2 jam 6 menit.

3. Danil Satiya Putra Mahendra (10)
Main lato-lato selama 2 jam 5 menit.



Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved