Senin, 09 Januari 2023

Soal Chiki Ngebul, Kemenkes Bilang Sudah Imbau Masyarakat Hati-hati Makan Jajanan

Soal Chiki Ngebul, Kemenkes Bilang Sudah Imbau Masyarakat Hati-hati Makan Jajanan


Jakarta, rakyatindonesia.com - Juru bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan pihaknya sudah mengimbau masyarakat soal bahaya es krim ngebul atau chiki ngebul. Hal tersebut, menurut dia, sudah dikomunikasikan melalui pemerintah daerah dan dinas kesehatan setempat.

Nadia mengatakan pemerintah meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap makanan terutama jajanan yang dijual. Hal tersebut dilakukan, kata dia, guna menghindari kasus keracunan makanan yang lebih parah.

“Kami meminta masyarakat untuk berhati-hati terhadap makanan atau obat yang dikonsumsi,” kata Nadia melalui pesan tertulis pada Ahad, 8 Januari 2023.\

Selain itu, Nadia mengatakan Kemenkes juga telah melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan dan pemerintah daerah. Ia mengatan koordinasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan edukasi kesehatan kepada masyarakat.

“Kami telah sampaikan surat tentang sosialisasi kewaspadaan dan edukasi kepada masyarakat kepada pemerintah daerah,” ujar dia.

Perihal chiki ngebul, Nadia mengatakan pemerintah pusat menyerahkan kebijakan sepenuhnya kepada pemerintah daerah. Oleh sebab itu, kata dia, dilarang atau tidaknya makanan chiki ngebul akan diputuskan oleh pemerintah daerah beserta dinas kesehatan setempat. “Pengawasan makanan dan peredaran di pemerintah daerah masing-masing,” kata Nadia.

Nadia mengatakan kebijakan tersebut diambil oleh pemerintah pusat karena Kemenkes menilai skala masalah tersbut belum mencapai level nasional. Kendati demikian, ia mengatakan pemerintah terus mewanti-wanti akan potensi bahaya yang bisa ditimbulkan es krim ngebul.

“Kami terus mengingatkan seluruh daerah agar waspada karena ini sudah ada contoh kejadian. Dan kami harap daerah lain menjadikan ini sebaga pelajaran,” ujar dia.

Sebelumnya tujuh siswa sekolah dasar di Tasikmalaya, Jawa Barat, mengallami keracunan setelah mengkonsumsi es krim hidrogen alias chiki ngebul. Keracunan tersebut terjadi pada November 2022 yang lalu. Setelah mengkonsumsi es krim hidrogen tersebut, para siswa dilaporkan mengalami mual, muntah, dan begah di perut.

Es krim ngebul tersebut memiliki ciri-ciri berwarna-warni dan bisa mengeluarkan asap saat dimakan. Asap tersebut berasal dari nitrogen cair yang dikandung oleh es krim tersebut. (Red.Sl)+

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved