Jumat, 07 April 2023

Polisi Jaga Perayaan Ibadah Kamis Putih di Gereja Katolik St. Vincentius A Paulo Kota Kediri

Polisi Jaga Perayaan Ibadah Kamis Putih di Gereja Katolik St. Vincentius A Paulo Kota Kediri

   

Kediri, rakyatindonesia.com -, Aparat Polsek Mojoroto Polres Kediri Kota melakukan pengamanan saat jemaat Gereja Katolik St. Vincentius A Paulo Kota Kediri melakukan ibadah perayaan Kamis Putih.

 

Kepala Kepolisian Sektor Mojoroto Kompol Mukhlason, Kamis (6/4/2023), mengatakan, pengamanan dilakukan untuk memberikan rasa aman bagi para jemaat saat melakukan ibadah perayaan Kamis Putih.

 

” Pengamanan Perayaan ibadah Kamis Putih yang dilaksanakan pada hari ini, Kamis malam 4 April 2023, untuk memberikan rasa aman kepada saudara-saudara kita yang sedang menjalankan ibadah,” ujarnya.

 

Ia mengatakan, pengamanan di Gereja Katolik St. Vincentius A Paulo yang berlokasi di Jalan Veteran No.03 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri itu dipimpinnya langsung.

 

Tidak hanya mengecek personelnya yang melaksanakan pengamanan perayaan Kamis Putih, Kapolsek Mojoroto juga mengontrol langsung situasi Gereja Katolik St. Vincentius A Paulo.

 

Sementara itu, di lain pihak, pengkhotbah perayaan ibadah Kamis Putih di Gereja Katolik St Vincentius A Paulo, Romo Damar mengatakan, jemaat yang hadir dalam perayaan Ekaristi Kamis Putih kurang lebih 2 ribu jemaat.

 

” Adapun thema kita kali ini adalah, Harus bangga akan salib Tuhan kita Yesus Kristus, Pohon keselamatan, kehidupan dan kebangkitan kita, sumber penebusan dan pembebasan kita,” katanya.

 

Romo Damar menambahkan, Hari Kamis Putih merupakan perayaan kenangan Perjamuan Malam terakhir Yesus bersama para murid-Nya.

 

“Perjamuan itu simbol penyerahan hidup-Nya yang total, tubuh dan darah-Nya diberikan demi keselamatan murid-murid-Nya serta Pembasuhan oleh Yesus kepada Murid – Muridnya sebagai bentuk Kasih Sayang dan Cinta,” pungkasnya.

 

Untuk diketahui, Kamis Putih merupakan awal Trihari Suci menuju Hari Raya Paskah. Dikutip dari gereja Kalasan.org, Kamis Putih atau dalam bahasa lain disebut juga dengan istilah “Maundy Thursday” atau “Holy Thursday” merupakan salah satu hari terpenting dalam kalender liturgi gereja Katholik sebagai salah satu bagian dari Tri Hari Suci atau Hari Raya Pekan Suci yang terdiri dari Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah.

 

” Hari Kamis Putih merupakan tradisi yang dirayakan oleh umat gereja Kristen dan Katholik di seluruh dunia untuk memperingati Perjamuan Malam terakhir Tuhan Yesus bersama para murid-Nya sebelum Ia diserahkan untuk disalibkan,” tulis dalam gerejakalasan.org tersebut. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved