Senin, 08 Mei 2023

Rumah di Bogor Ambruk Usai Diguyur Hujan Deras

Rumah di Bogor Ambruk Usai Diguyur Hujan Deras

  

Bogor, rakyatindonesia.com - Satu unit rumah di Bogor Utara, Kota Bogor, ambruk usai diguyur hujan deras. Rumah ambruk diduga akibat bangunan yang sudah rapuh.


"Dampak hujan deras mengakibatkan kejadian rumah ambruk di Kelurahan Tegal Gundil, Kota Bogor. Status rumah yang ambruk masuk kategori rumah tidak layak huni atau RTLH," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Theofilo Patricinio Freitas, Senin (8/5/2023).


Theofilo mengatakan rumah ambruk itu terjadi pada Minggu (7/5) sekitar pukul 12.00 WIB. Kondisi rumah yang sudah rapuh tak kuat menahan beban air hujan hingga mengakibatkan ambruk.


"Penyebab rumah ambruk akibat konstruksi rumah sudah rapuh, masuk kategori rumah tidak layak huni (RTLH)," kata Theofilo.


"Rumah ambruk di bagian dapur dan kamar mandi, serta tembok retak-retak. Hampir di seluruh bagian rumah terdampak," tambahnya.


Lima orang penghuni rumah itu diungsikan sementara ke rumah tetangga. Dia mengatakan rumah tersebut membahayakan jika ditempati kembali.


"Kebutuhan mendesak adalah hunian sementara (huntara) karena rumah perlu perbaikan dan membahayakan jika tempati saat ini," kata Theofilo.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved