Rabu, 10 Mei 2023

Terjadi Kebakaran di RSUD Abepura Jayapura, Api Berawal dari Gudang, 2 Pasien Meninggal

Terjadi Kebakaran di RSUD Abepura Jayapura, Api Berawal dari Gudang, 2 Pasien Meninggal

 

Jayapura, rakyatindonesia.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura, Kota Jayapura, Papua mengalami kebakaran, pada Selasa (9/5/2023).


Diketahui, api mulai melahap gedung logistik dan ruang rawat anak sekitar pukul 14.45 WIT. Atas kejadian tersebut, tim Damkar Kota Jayapura langsung bergerak cepat ke lokasi untuk memadamkan api.


Pihak Kepolisian daro Brimob Polda Papua dan Polresta Jayapura Kota turut membantu proses evakuasi pasien RSUD Abepura. Wakapolda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat mengatakan bahwa pihaknya langsung mengutamakan penanganan awal dengan mengevakuasi para pasien dan para tenaga medis. Pihaknya pun langsung mendirikan tenda darurat untuk tempat evakuasi para pasien dan tenaga medis.


"Kami mendirikan tenda darurat dan menyediakan felbet kemudian mengkordinasikan teknis evakuasinya," ujar Ramdani, dikutip dari Tribunpapua.com.


Kebakaran yang terjadi di RSUD Abepura disebut berasal dari gudang penyimpanan yang ada di RSUD. Sedangkan sumber api tersebut diketahui juga dekat dengan ruang Instalasi Gawat darurat (IGD) rumah sakit tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Kabid Damkar Kota Jaya Pura, Margaetha Veronika Kirana.


"Kebakaran tepat pukul 14.49 WIT, api berawal dari gudang penyimpanan," ungkapnya


Kebakaran tersebut diketahui terlihat dari lantai dua rumah sakit yang mengeluarkan asap tebal. Asap tebal itu dikatakan menjalar ke ruangan lain dari gedung penyimpanan rumah sakit.


"Mereka (petugas) di RSUD Abepura informasikan bahwa asap tebal sudah menjalar dari gedung penyimpanan," Kabid Damkar Kota Jaya Pura, Margaetha Veronika Kirana.


Veronika pun mengatakan bahwa kebakaran tersebut diduga akibat dari korsleting listrik.


"Diduga korsleting listrik, dan ruang ini nampaknya tidak dijaga oleh petugas sehingga terjadi kebakaran," ucapnya.


Dalam proses pemadaman, kata Veronika, pihaknya menurunkan lima unit armada Damkar Kota Jayapura.


"Ada lima unit dari kita Damkar Kota Jayapura, dua suplai dan tiga water canon," terangnya.


"Kemudian, kami dibantu oleh AWC dari Brimob Polda Papua, AWC Polresta Jayapura Kota, dan Damkar angkatan laut," imbuhnya.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved