Sabtu, 28 Oktober 2023

Kekeringan, BPBD Karangasem Distribusikan 102 Ribu Liter Air Sejak Agustus

 Kekeringan, BPBD Karangasem Distribusikan 102 Ribu Liter Air Sejak Agustus

 

Karangasem, rakyatindonesia.com – Sejumlah wilayah di Kabupaten Karangasem, Bali, dilanda kekeringan akibat kemarau panjang. Warga pun kesulitan mendapat air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem terus mendistribusikan air bersih kepada warga terdampak sejak 25 Agustus lalu. Hingga kini, sebanyak 102 ribu liter air telah didistribusikan kepada warga Gumi Lahar, sebutan Karangasem.

"Hari ini kami melakukan pendistribusian air bersih di Banjar Dinas Kecag Balung, Desa Seraya, sebanyak 9 ribu liter air bersama Dinas Sosial. Sampai saat ini, kami telah mendistribusikan 102 liter air bersih ke masyarakat di tiga kecamatan," kata Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa, Sabtu (28/10/2023).

Arimbawa mengungkapkan pendistribusian air bersih akan terus dilakukan selama ada permintaan dari perbekel masing-masing desa. Menurutnya, desa yang paling sering mengajukan air bersih adalah Desa Ban karena lokasinya berada di ketinggian.

Arimbawa menjelaskan air bersih tersebut tidak didistribusikan langsung kepada warga, tapi ditampung di sumur milik desa atau masyarakat. "Jika ada masyarakat yang membutuhkan tinggal mengambil di sana. Tapi tetap diawasi oleh masing-masing kepala dusun agar masyarakat yang dapat merata," imbuhnya.

Menurut Arimbawa, kebanyakan warga mengambil air di sumur menggunakan jeriken untuk kemudian diangkut ke rumah masing-masing. Adapun, air yang didistribusikan tersebut bekerja sama dengan Bali Wilayah Sungai (BWS).

Berikut rincian air bersih yang didistribusikan BPBD bersama Dinas Sosial dan PMI Kabupaten Karangasem sejak 25 Agustus-28 Oktober 2023:

- Desa Ban, Kecamatan Kubu (43 ribu liter)

- Desa Seraya Timur, Kecamatan Karangasem (31 ribu liter)

- Desa Seraya, Kecamatan Karangasem (19 ribu liter)

- Desa Datah, Kecamatan Abang (4 ribu liter)

- Desa Tianyar Timur, Kecamatan Kubu (5 ribu liter)

(red.IY)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved