Senin, 02 Oktober 2023

Pemprov Kebut Perbaikan Jalan Akses ke Bandara Kediri, Ruas Mojo-Semen Kurang 9 Km

Pemprov Kebut Perbaikan Jalan Akses ke Bandara Kediri, Ruas Mojo-Semen Kurang 9 Km

 


KEDIRI, rakyatindonesia.com – Jelang first landing Bandara Internasional Dhoho, infrastruktur pendukungnya terus dikebut. Termasuk akses jalan Mojo-Semen yang kemarin masih kurang sepanjang sembilan kilometer (km). Demikian pula akses jalan pendukung bandara di ruas lainnya.

Pantauan koran ini, hingga kemarin sejumlah pekerja tengah melanjutkan perbaikan jalan di dekat Ponpes Ploso, Mojo. Dari total ruas sepanjang 16 kilometer, baru sekitar tujuh kilometer yang terealisasi. Adapun area Ploso ke utara hingga perbatasan Kota Kediri masih akan dikebut hingga akhir Desember nanti.

“Sampai saat ini proses pengerjaan dapat berjalan dengan normal,” terang Penanggung Jawab proyek Perbaikan Jalan Mojo-Semen Didik, ditemui di lokasi proyek. Dimulai pada awal September lalu, Didik mengakui pihaknya masih memiliki PR untuk menyelesaikan perbaikan di sembilan kilometer ruas sisanya.

Melihat waktu yang tersisa sekitar tiga bulan, Didik optimistis pihaknya bisa menyelesaikan proyek tepat waktu. “Setiap hari perbaikan jalan bisa sekitar 400 meter,” lanjut Didik sembari menyebut pihaknya bisa menyelesaikan proyek perbaikan jalan pada akhir November atau awal Desember.

Dengan timeline tersebut, Didik mengaku tak ingin tergesa-gesa. Selain melakukan pengaspalan, mereka juga harus memperlebar jalan di beberapa ruas jalan. Salah satunya di Desa Tambibendo, Mojo. Di sana, pelebaran jalan dilakukan sepanjang satu km. “Kami ingin kerjakan secara maksimal. Terutama di pelebaran jalan yang memang membutuhkan waktu lebih lama,” terangnya.

Diakui Didik, perbaikan akses jalan provinsi itu membuat masyarakat yang melintas terganggu. Di beberapa titik mereka terpaksa melakukan rekayasa lalu lintas buka-tutup jalan secara bergantian. Sehingga, pengerjaan jalan bisa tetap lancar.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kediri Irwan Chandra Wahyu Purnama menyebut, perbaikan jalan Mojo-Semen dibiayai dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Jika saat pengerjaan arus lalu lintas di sana sedikit terganggu, Irwan meminta masyarakat sedikit bersabar. “Nanti (setelah selesai perbaikan jalan, Red) arus lalu lintas bisa lebih lancar lagi,” tuturnya.

Irwan juga membenarkan jika perbaikan jalan di sana untuk memperlancar akses menuju ke bandara. Irwan bersyukur hingga kemarin perbaikan jalan di akses padat itu relatif lancar. Seperti halnya Didik, dia optimistis perbaikan jalan bisa selesai akhir tahun. 

Seperti diberitakan, perbaikan jalan di ruas Mojo-Semen dikerjakan oleh PT Poncoredjo dari Kota Surakarta, Jawa Tengah. Pemerintah pusat mengalokasikan anggaran total Rp 26,91 miliar. Selain untuk perbaikan wilayah selatan Kediri itu, anggaran juga digunakan untuk pelebaran jalan Jongbiru serta perbaikan jalan Grogol-Tiron.

Khusus untuk perbaikan jalan Jongbiru yang juga menjadi akses pendukung bandara dari sisi utara, baru dikerjakan setelah perbaikan jalan wilayah selatan selesai. “Waktunya masih mencukupi. Untuk yang Jongbiru kan pendek,” tandasnya.(red.IY)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved