Selasa, 07 November 2023

Ngaku Pemilik Lahan, Warga Segel 2 Sekolah Negeri di Tanah Datar Sumbar

 Ngaku Pemilik Lahan, Warga Segel 2 Sekolah Negeri di Tanah Datar Sumbar

 

Tanah Datar, rakyatindonesia.com – Dua sekolah negeri di Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat, disegel oleh warga yang mengaku sebagai pemilik lahan. Akibatnya proses belajar mengajar di sekolah itu dipindahkan ke Gedung Pustaka Tanah Datar yang tidak jauh dari sekolah.


Dua sekolah yang disegel itu yakni SMP Negeri 2 Batusangkar dan SD Negeri 20 Batusangkar. Penyegelan sudah terjadi sejak Senin (6/11) kemarin.

Warga yang mengaku sebagai pemilik lahan, Purnama Olivita, mengatakan selama ini tanah itu statusnya dipinjamkan. Namun, pihak Pemkab Tanah Datar beberapa waktu lalu justru tengah memproses penerbitan sertifikat atas lahan yang diakui Purnama sebagai miliknya.

"Selama ini kami tidak mempermasalahkan. Sekolah ini dipinjamkan," kata Purnama, Selasa (7/11/2023).

Purnama sudah menyurati Pemkab Tanah Datar untuk meminta klarifikasi atas permohonan penerbitan sertifikat di tahan mereka. Tapi setelah beberapa hari Purnama merasa bupati tidak mengindahkan sehingga mereka bertindak menyegel sekolah.

"Berapa kali lima kali kami surati 1 November sampai 5 November (2023) kami tunggu itikad baik dari bupati bermusyawarah dengan kami. Tapi hanya dianggap angin lalu oleh bupati. Saya narik berkas dia dari BPN dan akan membuat sertifikat atas nama saya," ujar Purnama.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Datar, Ihendri Abas, mengatakan pihaknya hanya berupaya memfasilitasi anak-anak untuk mendapatkan akses belajar.

"Sesuai dengan undang-undang, anak-anak ini wajib belajar. Posisi dinas, kita pemerintah memberikan akses pelayanan pendidikan kepada masyarakat. Kita coba berikan jalan terbaik," kata Ihendri.

Pada aksi penyegelan kemarin, dilaporkan sempat terjadi aksi saling dorong antara ratusan pelajar dengan pemilik lahan. Pelajar berusaha menerobos untuk masuk ke kompleks sekolah. Ada juga yang memanjat dinding pagar sekolah. (red.IY)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved