Jumat, 03 November 2023

Tiga Gudang Pengeringan Tembakau Milik PTPN X di Jember Terbakar

Tiga Gudang Pengeringan Tembakau Milik PTPN X di Jember Terbakar

 

Jember, rakyatindonesia.com – Tiga unit gudang pengeringan tembakau milik PT Perkebunan Nusantara X di Dusun Penanggungan, Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (3/11/2023) siang.

Semua gudang tersebut dalam keadaan kosong. Dua gudang terdiri masing-masing 30 kamar (longkang) dengan ukuran 22,5 kali 60 meter. Satu unit dengan 36 kamar (longkang) dengan ukuran 22.5 kali 77 meter. “Kerugian diperkirakan Rp 300 juta,” kata Kepala Kepolisian Sektor Ajung Inspektur Satu Agus Idham Khalid dalam laporannya.

Titik api berasal dari atap gudang pengeringan daun tembakau nomor 3 sisi sebelah selatan. Kebakaran ini pertama kali diketahui penjaga malam gudang bernama Aris. Ia dan temannya Samsuri berusaha memadamkan api. Saat kebakaran tidak ada aktivitas pekerjaan.

Api cepat membesar dan membakar gudang lainnya karena gudang itu terbuat dari bambu dan beratap daun tebu atau brabat yang mudah terbakar. Catur, mandor kebun, kemudian menghubungi petugas pemadam kebakaran.

Penyebab kebakaran masih diselidiki. “Olah tempat kejadian perkara sudah dilakukan anak buah saya,” kata Idham. (red.IY)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved