Minggu, 19 Februari 2023

Ada 6 Titik Indomaret Tanpa Izin, Gertak Persoalkan Toko Modern Siluman di 6 Titik

Ada 6 Titik Indomaret Tanpa Izin, Gertak Persoalkan Toko Modern Siluman di 6 Titik

                            

rakyatindonesia.com - Dampak dari keberadaan toko modern selain mempunyai peran terhadap pendapat asli daerah namun juga memiliki dampak terhadap kehidupan pasar tradisional, maupun usaha UMKM lainnya,  sehingga regulasi daerah harus dapat mengcover kehidupan pasar tradisional ditengah - tengah maraknya toko modern. 

Jumlah toko modern di kabupaten malang pada tahun 2018 adalah 218,  dengan jenis Indomaret dengan 148 dan Alfamart 70 toko. Jumlah ini kian meningkat hingga 2023. 

Dengan jumlah yang ratusan ini tentu memiliki dampak terhadap pendapat asli daerah (PAD) kabupaten malang yakni melalui pajak.

Mengingat dampak dari toko modern yang mempunyai pengaruh besar terhadap pemasukan pasar tradisional maupun usaha UMKM lainnya maka pemerintah kabupaten malang dituntut untuk tegas terhadap perizinan toko modern sesuai dengan peraturan daerah kabupaten malang no 3 tahun 2012. Jika toko modern tersebut tidak mempunyai izin maka pemerintah harus dengan segera menutup kegiatan toko modeen tersebut.

"Sampai saat ini kami mendapat laporan dari warga dan kami kroscek ke dinas terkait benar saja jika beberapa toko modern yakni Indomaret di beberapa titik tersebut tidak mempunyai izin dari pemerintah kabupaten malang, dan ini terkesan dibiarkan. Hal ini tentu merugikan banyak pihak yang terlibat dalam usaha tradisional maupun UMK, " Ujar Ketua umum Gertak yang biasa disapa Cak Rud. 

Indomaret yang tidak mempunyai izin antara lain ; 

1. Indomaret Kauman Kalipare yang buka tahun 2023, 

2. Indomaret Jl. Dr. Cipto Bedali Lawang buka Desember 2022

3. Indomaret Tegal gondo Karangploso buka Oktober 2022

4. Indomaret Trunojoyo Pujon patung sapi buka Oktober 2022

5. Indomaret Rembun Dampit buka September 2022

6. Indomaret Ariskaton pakis sebelah timur pom bensin patung pesawat jarak 100m, buka Agustus 2022. 

"Kami juga mendapat informasi jika Indomaret-indomaret Siluman ini katanya di back up salah satu orang yang selalu mengaku orang dekat Wakil Bupati Kabupaten Malang, Berinisial R," terangnya. 

Cak Rud mengungkapkan jika Informasinya  dipastikan akan validitasnya.

Dan Gertak juga punya data jika suatu saat diminta untuk mempertanggung jawabkan data tersebut .Cak Rud  akan membuka di depan umum siapa sebenarnya sosok berinisial R tersebut dan dari mana berasal. 

"Kasihan Pak Bupati yang sudah bekerja maksimal untuk menata pasar modern maupun tradisional tersebut dirusaki oleh orang-orang yang punya kepentingan pribadi, yang hanya bermodal foto kedekatan dengan orang orang penting di kabupaten Malang, Ini harus dituntaskan,"Pungkas Rudi

(Red.la)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved