Minggu, 16 April 2023

Kemeriahan Lomba Patrol di Pesisir Trenggalek

 Kemeriahan Lomba Patrol di Pesisir Trenggalek

 

Trenggalek, rakyatindonesia.com -, Warga pesisir Prigi, Trenggalek, menggelar lomba ronda thethek (rontek) atau musik patrol memeriahkan bulan ramadhan. Para peserta saling beradu kreasi musik tradisional sambil keliling kampung.

 

Animo masyarakat mengikuti dan lomba cukup tinggi, sepanjang ruas jalan yang dilalui peserta dipadati masyarakat. Meskipun lomba digelar mulai pukul 22.00 WIB hingga dini hari ini tidak menyurutkan masyarakat untuk menyaksikan.

 

Sementara salah seorang peserta, Sudarmanto menyambut baik even tersebut, karena dapat mempererat tali persaudaraan di antara masyarakat. Selain itu kuga dapat membangkitkan kembali budaya ronda thethek di kampungnya.

 

"Menurutnya saya ini cukup berkesan, karena bisa menyatukan masyarakat, kemudian menggali budaya (ronda) lama yang agak redup di sini akibat COVID-19," kata Sudarmanto saat dikonfirmasi, Minggu (16/4/2023).

 

Pihaknya berharap ke depan even serupa bisa digelar lebih meriah. Sehingga bisa menjadi wisata budaya saat ramadhan tiba.

 

Menurut Agus Yuliawan, Ketua Panitia Lomba yang diikuti ribuan peserta antar RT itu digelar setiap akhir pekan selama bulan bulan ramadhan. Lomba diikuti boleh 32 RT di Desa Prigi, Kecamatan Watulimo, Trenggalek.

 

"Dari 50 RT di Desa Prigi ada 32 RT yang ikut berpartisipasi di lomba ini, Alhamdulillah animonya luar biasa, baik itu peserta maupun penonton," kata Agus.

 

Menariknya dalam lomba rontek tersebut seluruh peserta hanya boleh menggunakan alat musik tradisional terutama kentongan dan aneka tetabuhan lainnya. Peserta dilarang menggunakan sound system.

 

"Kami ingin memeriahkan bulan ramadhan sekaligus untuk membangkitkan kembali ronda thethek. Jadi yang diutamakan adalah alat musik dari bambu," ujarnya.

 

Para peserta dituntut untuk berkreasi semenarik mungkin, mulai dari musik, kostum hingga kekompakan. Dalam even ini, seluruh peserta berkeliling kampung sejauh 1 kilometer sambil memainkan musik patrol.

 

"Penilaian kami yang pertama seberapa bisa RT mengajak warganya mengajak warganya keluar mengikuti lomba ini, kemudian keseragaman kostum dan musiknya serta kreasinya," imbuhnya.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved