Kamis, 21 September 2023

Upaya Pencegahan Dan Penanggulangan PMK, Babinsa Kodim 1425 Jeneponto, Terus Lakukan Pendampingan Dan Pengawasan Hewan Ternak

Upaya Pencegahan Dan Penanggulangan PMK, Babinsa Kodim 1425 Jeneponto, Terus Lakukan Pendampingan Dan Pengawasan Hewan Ternak

 

Rakyat-Indonesia.com | JENEPONTO - Salah satu upaya pencegahan dan penanggulangan serta mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Babinsa Sertu Yawing anggota Koramil 05 Batang Kodim 1425 Jeneponto Korem 141 Toddopuli Kodam XIV Hasanuddin, terus lakukan pendampingan dan pengawasan hewan ternak.

Selain pendampingan, Babinsa Sertu Yawing bersama Tim Satgas Terpadu PMK Jeneponto juga turut memantau dan ikut serta memeriksa terhadap Kapal yang memuat hewan ternak, yang masuk melalui jalur Pelabuhan Laut Bungeng Desa Bungeng Kecamatan Batang Kabupaten Jeneponto, Sulsel. Rabu, 20/09/2023.

Pengawasan dan pemeriksaan dilakukan terhadap KLM Alisya Bilqis dengan muatan, Kuda 120 ekor dari Pelabuhan Waikelo Kabupaten Sumba Barat Provinsi NTT, yang diawali dengan pemeriksaan Dokumen manifes/testing, dan penyemprotan disinfektan terhadap ABK maupun hewan ternak tersebut, ungkap Babinsa Sertu Yawing saat dikonfirmasi melalui penerangan Kodim 1425 Jeneponto.



Lebih lanjut Babinsa sampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan sebagai upaya mendukung program pemerintah pusat dan daerah, tentang mitigasi bencana hewan ternak potong yang rentan terinfeksi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku), dalam rangka pengawasan dan penegakan Bio Security pada hewan ternak, ujarnya.

Sementara salah satu petugasnya Karantina Jeneponto Muh. Idrus, S.H., menuturkan dari hasil pemeriksaan secara fisik terhadap hewan ternak tersebut, tidak ditemukan gejala klinis sebagai media pembawa PMK, ke ke wilayah Provinsi Sulawesi Selatan Khususnya Kabupaten Jeneponto. Tuturnya.

Diketahui bahwa, Sertu Yawing adalah Babinsa Desa Bungeng Kecamatan Batang Kabupaten Jeneponto, anggota Koramil 05 Batang Kodim 1425 Jeneponto Korem 141 Toddopuli Kodam XIV Hasanuddin, salah satu Babinsa yang menerima “Piagam ucapan terimakasih dari Menteri Pertanian RI, Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H., dan Piagam penghargaan dari Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Dr. H. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han), atas pendampingan dan dukungan dalam pencegahan dan penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).(**)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved