Sabtu, 11 November 2023

HIV/AIDS di Gresik Tembus 195 Kasus

HIV/AIDS di Gresik Tembus 195 Kasus

 

foto ilustrasi 

Gresik, rakyatindonesia.com – HIV/AIDS di wilayah Kabupaten Gresik selama Oktober 2023 tercatat ada 195 kasus. Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat dr Mukhibatul Khusnah.

Mantan Kepala Puskesmas Manyar itu menjelaskan masih tingginya kasus HIV/AIDS menjadi perhatian bersama. Untuk itu, melalui manajemen kegiatan Pencegahan Penularan Dari Ibu dan Anak (PPIA), harapannya bisa mengendalikan kasus tersebut. Sehingga tidak semakin tinggi.

“Kami terus melakukan monitoring dan evaluasi agar kasus ini bisa ditekan. Upaya lain yang juga dilakukan adalah terus memasifkan sosialisasi mengenai apa itu HIV/AIDS dan bagaimana penyebarannya,” ujar Mukhibatul Khusnah.

Terkait dengan ini, Wabup Gresik Aminatun Habibah atau akrab dipanggil Bu Min menuturkan, monitoring dan evaluasi sangat penting untuk mengendalikan supaya HIV/AIDS bisa menjadi 0 di tahun 2030.

“Kegiatan hari ini bertepatan dengan hari pahlawan, mudah-mudahan kita mempunyai semangat pahlawan dalam memberantas HIV/AIDS di Kabupaten Gresik,” tuturnya.

Ia menambahkan, monitoring dan evaluasi digelar dalam rangka mencari strategi bagi elemen di Kabupaten Gresik terutama individu yang ada di sektor kesehatan dalam mengurangi sekaligus mengeleminasi kasus HIV/AIDS. “Ini sejalan dengan cita-cita kita bersama yakni 0 kasus HIV/AIDS pada 2030,” imbuhnya.

Sementara Penanggungjawab Program HIV/AIDS Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur Eka Putri Lestari mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh pemda dan Dinkes Gresik. “Monitoring seperti ini sangat penting guna mengendalikan HIV/AIDS agar tidak menyebar,” tandasnya. (red.IY)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved