Senin, 29 Januari 2024

Gibran ke Pedagang Batik Pekalongan: Kalau Nggak Jualan Online, Kalah Saing

 Gibran ke Pedagang Batik Pekalongan: Kalau Nggak Jualan Online, Kalah Saing

 

Jakarta, rakyatindonesia.com - Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, bertemu dengan sejumlah pelaku UMKM dan influencer di Pekalongan, Jawa Tengah. Dalam kunjungan itu, Gibran mengajak pengrajin batik yang enggan berjualan via daring.


"(Di Solo) diajarin gratis pak, nanti produknya difotoin ada studio foto, trus diajarin logistik segala macem. Ngapunten pak, kalau nggak online, kesaing pak, saya bicara jujur aja," ujar Gibran dalam acara Gibran Mendengar di DP Teras, Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024).


Dirinya pun mencontohkan di kota Solo, ada pelaithan bagi para UMKM yang ingin berjualan via online. Di sana, kata Gibran, semua pihak belajar untuk belajar berdagang online.


"(Solo) ada teknopark, jadi semuanya belajar yang muda-muda belajar, yang sepuh-sepuh juga belajar. Itu wajib, kalau engga, orang akan lebih memilih online, gitu. mau nggak mau harus," sebutnya.



Gibran mengatakan, jika di Solo para pelaku UMKM yang ada diikutkan seminar agar tidak tertinggal. Atau mungkin para anak-anak pelaku UMKM yang diajarkan di kota Solo agar bisa ikut bersaing.



"Kalau di Solo saya suruh ikut seminar kalau engg nnti tersaing, atau paling tidak anaknya ikut membantu. Di Solo ada banyak pelatihan-pelatihan seperti itu, inkubasi, itu wajib sekali itu," ungkapnya.(red.w)


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved