Kamis, 01 Februari 2024

Banjir Lahar Hujan Semeru Terjang Wisata Air Terjun Tumpak Sewu

 Banjir Lahar Hujan Semeru Terjang Wisata Air Terjun Tumpak Sewu


Lumajang, rakyatindonesia.com - Banjir lahar gunung Semeru menerjang wisata air terjun Tumpak Sewu di desa Sidomulyo kecamatan Pronojiwo Lumajang, Rabu (31/1/2024). Material banjir lahar dengan dahsyat menerjang hingga membuat aliran air terjun berwarna coklat dengan debit air yang sangat besar.



Fenomena banjir lahar hujan yang menerjang Air Terjun Tumpak Sewu itu terekam dalam video amatir yang diambil oleh warga.



Terlihat dalam video itu banjir lahar hujan berwarna cokelat mengalir deras di Kali Glidik hingga tumpah ke dasar Air Terjun Tumpak Sewu.


Dalam video tersebut terekam teriakan warga perekam. Mereka meneriakkan banjir sebagai bentuk peringatan berkali-kali hingga banjir lahar dingin itu benar-benar menerjang air terjun Tumpak Sewu.


"Banjir... Banjir! Banjir!" Demikian suara perekam video itu , Kamis (1/2/2024).


Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang Yuli Harismawati membenarkan bahwa wisata Air Terjun Tumpak Sewu diterjang banjir lahar hujan Gunung Semeru.



Dia juga memastikan bahwa saat itu lokasi wisata dalam kondisi dibuka atau mengizinkan wisatawan masuk.


"Karena cuaca di sekitar tumpak sewu tidak hujan sehingga pengelola menganggap aman. Tiba-tiba air di sungai di Kali Glidik banjir di sisi Kabupaten Malang yang hujan sehingga mempengaruhi Kali Glidik," ujarnya saat diwawancarai wartawan.


Setelah peristiwa itu, wisata air Terjun Tumpak Sewu tetap dibuka untuk wisatawan. Meski begitu, petugas mengimbau agar wisatawan tetap waspada dan mematuhi segala instruksi pengelola wisata.(red.Tim)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved