Senin, 05 Februari 2024

Rektor UB Keluarkan Imbauan Jaga Netralitas Jelang Pemilu

 Rektor UB Keluarkan Imbauan Jaga Netralitas Jelang Pemilu

 

Malang, rakyatindonesia.com - Universitas Brawijaya (UB) Malang mengeluarkan surat imbauan untuk menyikapi perkembangan situasi demokrasi menjelang Pemilu 2024. Imbauan ini beredar melalui pesan WhatsApp.


Dalam surat imbauan yang beredar, Rektor UB Prof Widodo menyampaikan 4 poin yang dapat diperhatikan. Salah satunya soal menjaga netralitas menjelang Pemilu.


Informasi ini dibenarkan Kepala Sub Divisi Bagian Hukum UB Haru Permadi. Ia menyebut, imbauan tersebut memang dikeluarkan oleh pihak rektorat UB kemarin.


"Untuk surat imbauan tersebut benar memang ditandatangani langsung oleh Pak Rektor," terang Haru , Senin (5/2/2024).



"Yang pasti alasannya bukan karena deklarasi besok ya, untuk substansinya itu juga Pak Rektor yang lebih paham," tukasnya.


Berikut 4 imbauan Rektor UB:

1.Menjaga kerukunan, persatuan, dan kesatuan sebelum dan sesudah pelaksanaan pemilihan umum tahun 2024;

2.Melaksanakan kode etik dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa, dalam melaksanakan kebebasan mimbar akademik dan asas netralitas, tidak menunjukkan sikap keberpihakan pada partai politik dan/atau salah satu pasangan calon presiden-wakil presiden, dan/atau melakukan kegiatan yang berhubungan dengan partai politik;

3.Mengawal proses demokrasi yang bermartabat dan penyelenggaraan pemilu yang jujur dan adil dengan menjaga integritas akademik sehingga tercipta suasana yang sejuk dan membahagiakan dalam berbangsa dan bernegara;

4.Bersikap arif dan bijaksana serta mengedepankan rasa damai dan kekeluargaan dalam menghadapi isu atau perbedaan pendapat dalam pemilihan umum tahun 2024. (red.w)



Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved