Sabtu, 03 Februari 2024

Satu Polisi di Cianjur Bakal Jaga 10 TPS Saat Pemilu 2024

 Satu Polisi di Cianjur Bakal Jaga 10 TPS Saat Pemilu 2024


Cianjur, rakyatindonesia.com - Sebanyak 700 personel Polres Cianjur disiagakan untuk menjaga lebih dari 7.278 TPS di Kabupaten Cianjur. Minimnya personel itu membuat satu personel bisa menjaga lebih dari 10 TPS saat pemilu 14 Februari nanti.


Kapolres Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan, mengatakan jumlah TPS yang dijaga setiap personel tergantung pada jarak dan lokasi penugasan. Menurutnya, untuk wilayah selatan setiap personel menjaga tiga hingga lima TPS. Sedangkan untuk petugas yang disiagakan di wilayah perkotaan dan padat penduduk, ditugaskan untuk menjaga 10 TPS.



"Kalau yang jaraknya jauh kemungkinan tiga atau maksimal lima TPS. Agar tetap efektif pengamanannya. Sedangkan untuk wilayah kota yang padat penduduk, bisa 10 TPS atau lebih, karena kan lokasinya berdekatan untuk wilayah padat penduduk," ucap dia, Sabtu (3/2/2024).

Dia mengatakan, dengan jumlah personel yang terbatas tersebut, pihaknya tetap optimis pelaksanaan pemilu di Cianjur tetap aman dan kondusif.



"Jawa Barat termasuk Cianjur ini indikator kerawanannya tinggi. Tapi saya yakin Cianjur kerawanan politiknya masih bisa terkendali. Makanya meskipun dengan jumlah petugas dan TPS yang belum sebanding dan belum bisa satu TPS satu petugas, potensi kericuhan tetap bisa diantisipasi," kata dia.


Dia mengatakan dalam pengamanan pemilu, pihaknya dibantu oleh personel TNI dari Kodim 0608 Cianjur hingga petugas Linmas di setiap desa. Hal itu membuat keterbatasan personel bisa ditutupi dengan adanya bantuan lintas sektoral.


"Kita juga dibantu TNI hingga linmas. Maka dari itu potensi kerawanan bisa terkendali dan diantisipasi," ucapnya.



Aszhari menambahkan pihaknya juga terus melakukan komunikasi intens dengan Forkopimda Cianjur hingga penyelenggara pemilu. Hal itu dilakukan agar sinergitas dalam menjaga keamanan lebih terjalin dan pemilu di Kota Santri dapat terlaksana dengan baik.


"Kami terus bangun sinergitas. Kemarin pun kita gelar olahraga bersama dengan Forkopimda, KPU, dan Bawaslu. Tujuannya untuk mempersolid semua pihak dalam mengamankan jalannya pemilu 2024 ini," ucap dia.


Pihaknya meminta masyarakat juga untuk turut serta dalam mengamankan jalannya pemilu. Polres Cianjur menjamin memberikan pengamanan yang maksimal.


"Tugas kami adalah membantu dan mendorong masyarakat serta aktif mengamankan jalannya Pemilu nanti. Kami tidak ingin ada pihak-pihak yang berusaha untuk kemudian mencoba menggagalkan dalam artian membuat kericuhan pelaksanaan Pemilu 2024 nanti, untuk itu kami menjamin pelaksanaannya akan berjalan secara aman dan masyarakat secara langsung hadir di TPS terdekat sesuai dengan tempat pemilihan masing-masing," jelasnya.


"Jangan sampai kericuhan yang ditimbulkan oleh oknum-oknum tertentu membuat pelaksanaan pemilu diulang, yang membuat masyarakat harus kembali ke TPS untuk mengulang memberikan suaranya," pungkasnya.(red.w)



Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved