Kamis, 21 Maret 2024

5+ Tempat Makan Mie Lethek Khas Bantul, Ada yang Dikunjungi Obama!

 5+ Tempat Makan Mie Lethek Khas Bantul, Ada yang Dikunjungi Obama!

 


Jogja - , rakyatindonesia.com - Mie lethek merupakan hidangan mie yang berasal dari Kabupaten Bantul. Kuliner yang satu ini banyak digemari oleh masyarakat karena cita rasanya yang lezat. Bagi detikers yang ingin menikmati mie lethek, berikut sederet tempat makan mie lethek yang bisa dipertimbangkan.

Dalam bahasa Jawa seperti dijelaskan laman Kemdikbud, mie lethek berarti mie kotor. Di sini, kotor merujuk pada warna mie yang cenderung kecoklatan karena terbuat dari tepung tapioka dan gaplek tanpa menggunakan pemutih.

Inilah mengapa mie lethek tidak seperti mie pada umumnya yang berwarna kuning atau putih. Warung makan mie lethek banyak dijumpai di kabupaten asalnya, yaitu Bantul.

Hidangan mie dengan tekstur mirip bihun tersebut dapat disajikan dengan kuah atau goreng. Dengan tambahan beberapa jenis sayuran, ini menambahkan kelezatan pada rasanya.
5+ Tempat Makan Mie Lethek


1. Mie Lethek Mbah Mendes
Mie Lethek Mbah Mendes terkenal di kalangan masyarakat sehingga selalu ramai oleh pelanggan. Mulai dari Rp 20 ribu saja, sepiring mie lethek sudah dapat tersaji dan dinikmati. Berbeda dari yang lain, hidangan mie tersebut tidak menggunakan MSG atau micin.

Mienya bertekstur tebal dipadu dengan kombinasi kol dan wortel memberikan cita rasa yang lezat. Tidak hanya mie lethek, di sini juga menyajikan nasi goreng sego jagung yang jarang ditemui di tempat makan lain. Ada juga soto lethek yang bisa dibeli dengan merogoh kocek Rp 10 ribu saja.

Alamat: Maguwo, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman

Jam Buka: Senin-Minggu, pukul 11.00-22.00 WIB

2. Bakmi Lethek & Nasi Goreng Mbok Cempluk
Selanjutnya ada Warung Mie Lethek Mbok Cempluk yang lokasinya berada di seberang jalan Gedung Madu Candhya sehingga mudah saja ditemukan. Mie Lethek Mbok Cempluk memasak dengan menggunakan anglo atau tungku arang sehingga rasanya lebih nikmat. Rentang harga makanan di sini berkisar antara Rp 17 ribu hingga Rp 22 ribu.

Alamat: Jalan Padokan, Padokan Lor, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul

Jam Buka: Senin-Minggu, pukul 15.00-22.30 WIB

3. Bakmi Jowo & Mie Lethek Pandawa
Warung yang satu ini sudah menjadi tempat langganan banyak orang karena rasanya yang konsisten. Menu yang disajikan bervariasi, mulai dari bakmi goreng, bakmi rebus, mie lethek goreng, mie lethek rebus, hingga magelangan.

Mie Lethek Pandawa menggunakan telur ayam biasa sehingga kuahnya terasa lebih ringan dan rasa gurih yang kuat. Untuk rasa pedasnya sendiri lebih banyak berasal dari lada. Harga per porsinya dipatok sekitar Rp 14 ribu.

Alamat: Jalan Bantul KM 4,5, Dongkelan, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul

Jam Buka: Senin-Minggu, pukul 16.00-00.00 WIB

4. Bumi Langit Institute
Rumah makan selanjutnya ternyata pernah dikunjungi oleh Barack Obama, lho! Dari sekian menu di Bumi Langit Institute, mie lethek menjadi kesukaan mantan Presiden Amerika Serikat tersebut.

Pengolahan mie di sini tidak menggunakan pengawet apa pun. Dengan harga Rp 35 ribu, pengunjung dapat menikmati mie lethek yang dimasak dengan telur ayam kampung.

Alamat: Jalan Mangunan Desa KM 3, Giriloyo, Wukirsari, Kec. Imogiri, Kabupaten Bantul

Jam Buka: Senin-Minggu, pukul 11.00-17.30 WIB

5. Warung Mie Lethek Mbah Jumal
Warung makan yang satu ini juga tidak pernah sepi sehingga pengunjung harus sabar mengantri. Mie lethek di sini dapat dinikmati dalam varian kuah atau goreng, lengkap dengan opsi topping telur bebek atau telur ayam. Jika lebih memilih telur yang tercampur, pembeli dapat menyesuaikannya sesuai dengan selera masing-masing.

Setelah makan di Warung Mie Lethek Mbah Jumal, detikers akan merasa kenyang dan puas karena porsi yang bisa dibilang cukup besar. Seporsi mie lethek dibanderol mulai harga Rp 15 ribu sampai Rp 18 ribu tergantung toppingnya.

Alamat: Area Sawah, Pendowoharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul
Jam Buka: Selasa-Minggu, pukul 17.00-23.50 WIB


Porsi yang disajikan pun tergolong besar ditambah dengan suwiran daging dan telur yang dimasak dengan menggunakan anglo. Mie lethek dapat dibeli mulai dari harga Rp 20 ribu saja.


Alamat: Paduresan, Imogiri, Kec. Imogiri, Kabupaten Bantul
Jam Buka: Senin-Minggu, pukul 18.00-01.00 WIB
7. Mie Lethek Balungan Mbah Sur
Tempat makan terkenal yang terakhir adalah Mie Lethek Balungan Mbah Sur. Pengunjung dapat memilih tingkatan rasa pedas mie lethek, mulai dari gurih (0 cabai), Paud (2 cabai), TK (4 cabai), hingga S3+ (lebih dari 50 cabai).

Mie lethek Mbah Sur terasa sedap dan segar dengan balungan yang tidak sekadar tulang, tetapi juga penuh daging. Warung ini juga menyediakan menu lain, seperti nasi goreng, plencing, nasi godog, dan masih banyak lainnya. Harga satu porsi mie lethek berkisar dari Rp 12 ribu sampai Rp 21 ribu.

Alamat: Jalan Tegallayang Wetan, Tegal Layang Wetan, Caturharjo, Kec. Pandak, Kabupaten Bantul
Jam Buka: Senin-Minggu, pukul 10.00-01.00 WIB

Nah, itu dia beberapa rekomendasi tempat makan mie lethek khas Bantul. Apakah detikers tertarik untuk mencobanya?
(red.I)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved