Jumat, 19 April 2024

Gunung Semeru Berstatus Siaga

 Gunung Semeru Berstatus Siaga

  


Surabaya
, rakyatindonesia.com - Beberapa gunung berapi di Indonesia statusnya level III atau siaga. Salah satunya Gunung Semeru.
Dilansir dari laman Kementerian ESDM, Gunung Semeru berstatus siaga atau aktivitasnya mengalami peningkatan.

Petugas PVMBG Sigit Rian Alfian menyebut ada peningkatan aktivitas gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl).

"Gunung Semeru Level III (Siaga)," katanya dalam keterangan tertulis seperti yang dilihat detikJatim, Jumat (19/4/2024).

Status ini dikeluarkan sejak Kamis (18/4/2024). Status siaga ini mengindikasikan terdapat potensi aktivitas gunung meningkat, sehingga diperlukan kewaspadaan tinggi dari masyarakat dan pendaki.

PVMBG mengimbau masyarakat menghindari kegiatan di sektor tenggara sepanjang Besuk Kobokan, mencakup jarak 13 km dari puncak (pusat erupsi).

Di luar jarak tersebut, warga diminta tidak melakukan aktivitas dalam radius 500 meter dari tepi sungai (batas sungai) di sepanjang Besuk Kobokan.

Hal ini dilakukan untuk menghindari potensi bahaya dari ekspansi awan panas dan aliran lahar yang dapat mencapai jarak 17 km dari puncak gunung.

(red.alz)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved