Minggu, 21 April 2024

Meriahnya Kenduri Tumpeng Durian Raksasa di Trenggalek

 Meriahnya Kenduri Tumpeng Durian Raksasa di Trenggalek

 


Trenggalek
, rakyatindonesia.com - Rangkaian International Durio Festival 2024 di Trenggalek dimeriahkan kenduri tumpeng durian raksasa. Masyarakat dan wisatawan tumpah ruah untuk mendapatkan durian lokal gratis.
Festival diawali dengan kirab tumpeng durian berukuran kecil dari Kantor Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo, Trenggalek menuju destinasi wisata Watulawang. Kirab diikuti oleh petani durian, tokoh masyarakat hingga Bupati Trenggalek.

Prosesi dilanjutkan dengan upacara adat Metri Duren atau selamatan durian. Dalam upacara ini Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin melakukan penanaman biji durian dengan tata cara kearifan lokal

"Konsepnya adalah mengembalikan adat kita, bagaimana kita bersedekah dari hasil panen. Termasuk juga upacara metri, bagaimana cara menanam. Ini juga ada pesan lingkungannya bahwa ketika kita menjaga alam, alam akan memberikan kita rejeki, salah satunya buah-buahan," kata Mochamad Nur Arifin, Minggu (21/4/2024).

Bupati berharap festival durian ini bisa menjadi even tahunan untuk meningkatkan daya tarik wisata di kawasan hutan durian Trenggalek.

Puncak festival adalah kenduri tumpeng durian raksasa yang telah disiapkan di tengah lapangan. Masyarakat dan wisatawan pun berjubel mengelilingi tumpeng untuk mendapatkan durian gratis. Proses pembagian ribuan durian ini dilakukan dengan tertib, karena masing-masing warga harus menunjukkan kupon khusus yang dibagikan sebelumnya.

Salah seorang warga Florenza Fara, mengaku telah dua kali mengikuti festival durian, namun pada tahun ini acaranya berlangsung lebih meriah karena digelar kenduri durian.

"Ini tadi dapat durian gratis, tahun ini keren lebih meriah," ujarnya Fara.

Kecamatan Watulimo merupakan sentra produksi buah durian. Kawasan ini dikenal dengan International Durio Forestry atau hutan durian internasional. Pada tahun 2023 panen durian terjadi sepanjang tahun dan menjadi salah satu produk andalan petani.

(red.alz)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved