Selasa, 16 April 2024

Viral 103 Pendaki di Gunung Rinjani Dipaksa Turun gegara Ditipu Open Trip

 Viral 103 Pendaki di Gunung Rinjani Dipaksa Turun gegara Ditipu Open Trip


Jakarta
, rakyatindonesia.com - Viral video di media sosial 103 pendaki dipaksa turun saat tiba di pos 2 jalur pendakian Sembalun Lawang, Gunung Rinjani, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka diduga menjadi korban penipuan jasa open trip (OT).
Video berdurasi 00,59 detik itu diunggah oleh akun @rinjanisamalasindonesia, Senin (15/4/2024). Dalam video yang dilihat detikBali, para pendaki membawa perlengkapan pendakian di Pos 2 Sembalun lalu diminta putar balik oleh petugas Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Lombok.

Kepala TNGR Dedy Asriady membenarkan peristiwa itu. Menurutnya, 103 pendaki diminta turun karena tidak memiliki Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi). Peristiwa itu terjadi pada Minggu (14/4/2024).

"Benar. Jadi seluruh pendaki itu tidak punya tiket. Jadi, selama tidak punya tiket ya kami minta turun," kata Dedy saat dikonfirmasi, dilansir detikBali Selasa (16/4/2024).

Menurut Dedy, 103 pendaki yang diminta turun merupakan korban penipuan open trip (OT) dari Pulau Jawa. Dia meminta para pendaki lain untuk berhati-hati terhadap penipuan.

"Kami sebenarnya kasihan ya karena mereka tertipu. Ya, ini jadi pembelajaran buat semua agar hati-hati memilih OT. Kami coba berkoordinasi dengan petugas akan memburu siapa jasa OT-nya," tegasnya.

(red.alz)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved