Selasa, 24 Januari 2023

Sehari-hari Hidup Susah, Kemana Wowon Mengalirkan Uang dari Para Korban Serial Killer?

Sehari-hari Hidup Susah, Kemana Wowon Mengalirkan Uang dari Para Korban Serial Killer?

 



Jakarta, rakyatindonesia.com - Wowon dan Duloh, duo pelaku utama pembunuhan berantai, menjanjikan bisa menggandakan uang kepada para calon korbannya. Mereka juga menyertai janji-janji manis lain yang dibumbui aksi supranatural.

Hingga sejauh ini, polisi telah menemukan aliran uang hingga Rp 1 miliar dari korban ke rekening Wowon Erawan alias Aki. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakanaliran tersebut merupakan akumulasi dan periode tertentu.

Polisi belum bisa memastikan berapa detail dana yang dikirim dari para korban dan sejak kapan pengiriman uang itu berlangsung.

"Ini merupakan rekapitulasi sepanjang waktu, sehingga penyidik harus mendalami keluar masuk keuangan pada buku rekening," ujarnya di Polda Metro Jaya, Senin, 23 Januari 2023.

Aliran tersebut belum dipastikan masuk ke rekening atas nama M. Dede Solihudin yang berperan sebagai penadah. Namun pelaku inti dari kasus ini adalah Wowon Erawan alias Aki, lalu ada rekannya Solihin alias Duloh.

9 korban serial killer Wowon dan Duloh

Sementara ini korban dari mereka adalah sembilan orang yang tewas dibunuh di Kota Bekasi dan Cianjur. Dua dari korban merupakan anak-anak, salah satunya tewas setelah menenggak kopi beracun pestisida.

Para korban sementara mayoritas dari keluarga Wowon, kemudian ada dari Tenaga Kerja Wanita atau TKW. Modus penipuan yang dijalankan Wowon dan Solihin adalah mengaku sebagai dukun yang bisa menggandakan harta kekayaan, memberi rumah bagus, dan menawarkan berbagai janji manis.

Setelah korban diperas dan mereka menagih janji yang tidak kunjung datang, Wowon dan dua rekannya menghabisi untuk menghapus jejak. Tidak hanya itu, korban yang dibunuh adalah mereka yang tahu aksi kejahatan tiga partner in crime ini.

TKW Siti dibunuh dengan cara didorong ke laut

Salah satu korban penipuan Wowon yang menjanjikan bisa menggandakan uang adalah Siti, seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Garut yang dibunuh dengan cara didorong ke laut. Wowon kesal terhadap Siti yang terus-menerus menagih janji penggandakan uang.

Aksi itu tidak dilakukan langsung oleh pelaku, tetapi Siti didorong ke laut oleh Noneng (mertua Wowon) atas perintah Wowon dan Solihin. Pada akhirnya, Noneng pun menjadi korban berikutnya dari Wowon dan Duloh.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mohammad Fadil Imran mengatakan aliran rekening dari para korban ada yang nominalnya hingga ratusan juta rupiah.

"Dia (pelaku) bisa menghasili ada yang sampai Rp 250 juta, Rp180 juta. Dari mana mereka mendapatkan uangnya?" ujarnya di Polda Metro Jaya, Jumat, 19 Januari 2023.

Wowon sehari-hari hidup dari hasil kerja anak-anak tiri

Hingga kini, belum jelas benar, untuk apa dan dikemanakan uang yang diterima Wowon tersebut. Hanya disebut bahwa Dede sebagai pendah, orang ketiga yang membantu Wowon dan Duloh dalam serial killer ini.

Karena faktanya, Wowon dan Duloh dalam kesehariannya hidup dalam kesulitan ekonomi. Bahkan, seringkali yang terjadi adalah Wowon hidup dari hasil kerja anak-anak tirinya.

Iis, 40 tahun, istri keempat Wowon, mengatakan, setiap bulan Wowon hanya memberikan nafkah sebesar Rp 1,5 juta. Uang sebanyak itu hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari di luar dari biaya sekolah anak dan lain-lain.

"Ngasih hanya Rp 1,5 juta. Katanya itu hasil dari bekerja di pabrik beras," kata Iis.

Dedi, 45 tahun, kakak kandung Iis, sejak menikah dengan adiknya, Wowon hidup dengan keadaan ekonomi yang serba pas-pasan. Tidak ada kemewahan dalam hidupnya. Sama halnya dengan Wowon, Solihin yang juga merupakan paman dari Dedi dan Iis hidup pas-pasan.

"Boro-boro hidup mewah, Wowon sama Solihin ekonominya susah. Tidak beda jauh dengan saya yang sehari-hari memulung. Rumah Wowon juga bukan hasil dari usaha dia, tapi hasil dari adik saya (Iis) bekerja sebagai TKW," ujar Dedi.

Anak tiri cerita Wowon yang menggantungkan hidup dari para korban

Adapun Salsa, 13 tahun, anak tiri Wowon, mengatakan, selama ibunya, Ai Maemunah, menikah dengan Wowon, uang yang diberikan hanya sekitar Rp 500 ribu per bulan.

Menurut dia, selama ini Wowon bergantung hidup dari hasil kerja anak-anak tirinya atau kakak Salsa yang bekerja di perusahaan konveksi di Bandung. Dua kakak Salsa itu, M Ridwan, 20 tahun, dan M Riswandi, 17 tahun, bersama ibunya Ai Maemunah adalah korban Wowon dan Duloh yang tewas setelah minum kopi yang diisi racun di Bekasi.

"Setahu Salsa ngasih uang hanya Rp 500 ribu setiap bulan. Untuk sehari-hari, biaya hidup dari kakak-kakak Salsa yang kemarin jadi korban Pak Wowon," kata Salsa.

Dede Solehudin, setali tiga uang dengan Wowon dan Duloh. Dede bergantung hidup pada sang istri, yakni Yani yang bekerja sebagai TKW di Timur Tengah. Setiap bulan Yani mengirim uang kepada Dede, namun uang tersebut selalu habis.

"Saya sebagai ayahnya sangat kesal, karena selama Yani kerja di luar negeri uangnya selalu dikirim kepada Dede, tapi tak ada hasilnya. Tidak lama setelah itu Yani telepon, dan ngasih kabar bahwa Dede sudah mengeluarkan talak," ujar Ahal, mertua Dede.

Disebutkan Ahal, uang hasil bekerja Yani selama beberapa tahun di Arab Saudi dikirimkan kepada Dede, lalu diberikan oleh Dede kepada Wowon, pelaku utama serial killer bersama Duloh. (Red.Sl)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved