Kamis, 04 Januari 2024

Dua Pengurus PBNU Berpeluang Jadi Ketua PWNU Jatim

 Dua Pengurus PBNU Berpeluang Jadi Ketua PWNU Jatim

 


Surabaya, rakyatindonesia.com - Sosok yang akan mengisi jabatan Ketua PWNU Jatim mengerucut pada dua nama. Keduanya merupakan pengurus PBNU. Dua nama ini berpeluang menggantikan KH Marzuki Mustamar yang dicopot PBNU.


ada 2 nama kuat yang berpotensi menggantikan KH Marzuki Mustamar. Keduanya adalah Pengasuh Ponpes Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang, KH Hasib Wahab Chasbullah alias Gus Hasib dan Pengasuh Pondok Ponpes Tebuireng Jombang KH Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin.



Saat dikonfirmasi mengenai 2 nama itu, Ketua PBNU KH Ahmad Fahrur Rozi tidak membantah atau membenarkan. Menurut Gus Fahrur, kandidat ketua PWNU Jatim kemungkinan besar berasal dari jajaran pengurus PBNU. Sebab, Syuriah PWNU Jatim sudah menyerahkan penuh urusan nama ke PBNU.



"Kemungkinan unsur PBNU, syuriyah PWNU Jatim sudah menyerahkan ke PBNU," kata Gus Fahrur , Rabu (3/1/2023).



Gus Fahrur menambahkan, rapat gabungan antara PWNU Jatim dan PBNU untuk menentukan sosok yang akan memimpin PWNU Jatim bakal segera digelar.


"Masih menunggu hasil rapat," kata Gus Fahrur.



Gus Fahrur menegaskan, keputusan pengganti KH Marzuki Mustamar akan ditentukan dalam rapat gabungan yang belum ditentukan waktunya.



"Tidak ditentukan saat ini. Masih menunggu rapat gabungan. Paling lambat 2 minggu," katanya


Diketahui, Gus Hasib dan Gus Kikin saat ini adalah jajaran pengurus PBNU. Gus Hasib dan Gus Kikin saat ini sama-sama menjabat sebagai salah satu Ketua PBNU.



Gus Hasib merupakan putra dari KH Abdul Wahab Chasbullah yang juga merupakan pendiri NU, GP Ansor, serta Rais 'Aam PBNU periode 1947-1971. Penerima gelar Doktor Honoris Causa dari American World University ini juga merupakan saudara dari mantan Bupati Jombang, Mundjidah Wahab.



Sementara Gus Kikin merupakan pengasuh Pones Tebuireng ke-8 setelah KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) yang wafat pada tahun 2020. Gus Kikin juga memiliki ikatan keluarga dengan KH Anwar Manshur, Pengasuh Tertinggi Ponpes Lirboyo sekaligus Rais Syuriah PWNU Jatim saat ini. (red.w)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Rakyat-Indonesia.com | REFERENSI BERITA INDONESIA | All Right Reserved